(0362) 27719
brida@bulelengkab.go.id
Badan Riset dan Inovasi Daerah

DANAU, WADUK DAN BENDUNGAN DI BULELENG

Admin brida | 10 Februari 2022 | 397 kali

Terdapat dua buah danau, satu buah waduk, 24 bendung dan satu buah embung di Kabupaten Buleleng dengan total volume air sekitar 123.603.500 m3.   Volume air yang tertampung di danau Buyan sekitar 92.00.000 m3. Sedangkan di danau  Tamblingan sekitar 27.050.000 m3.  Danau Buyan dan Tamblingan merupakan danau vulkanik yang semuanya berada pada rantai pegunungan dan merupakan penyangga tata air di daerah hilir dan sekitarnya.

 

Kondisi danau Buyan maupun Tamblingan lima tahun terakhir cenderung mengalami penurunan.  Proses sedimentasi dan pendangkalan danau ini dipicu oleh pola pengelolaan lahan-lahan pertanian di pinggir danau yang kurang memperhatikan aspek-aspek konservasi tanah dan air.  Beban erosi yang tinggi bercampur dengan pupuk dari lahan pertanian menyebabkan kondisi danau mengalami pengayaan nutrien yang memacu pertumbuhan tumbuhan air di danau.

 

Selain danau, juga terdapat waduk dan embung, yaitu waduk Gerokgak di Kecamatan Gerokgak dan embung Tembok di Desa Tembok Kecamatan Tejakula. Secara potensial, volume air waduk Gerokgak rata-rata 3.750.000 m3 dan kondisinya berfluktuasi menurut musim selama lima tahun terakhir.  Pada musim hujan volume air yang tertampung lebih banyak, namun pada musim kemarau akan menurun. Sampai dengan tahun 2019 telah dipersiapkan rencana pembangunan Bendungan Titab di Kecamatan Busungbiu. Pembangunan bendungan ini diharapkan dapat menjawab sebagian persoalan pengembangan pertanian lahan kering di wilayah Kabupaten Buleleng, yang utamanya terkendala karena keterbatasan air irigasi. (Balitbang/21).