(0362) 27719
brida@bulelengkab.go.id
Badan Riset dan Inovasi Daerah

BALITBANG HADIRI COACHING CLINIC IV DAN V BAPPEDA

Admin brida | 10 Desember 2020 | 247 kali

Selasa, 8 Desember 2020 bertempat di Ruang Rapat Bappeda Kabupaten Buleleng, Balitbang Buleleng mengikuti rapat Coaching Clinic IV dan V Kegiatan Pendampingan Implementasi SSK (Strategi Sanitasi Kabupaten) yang diikuti oleh anggota PPSP (Percepatan Pembangunan Sanitasi Permukiman) Kabupaten Buleleng, Pokja PPAS Provinsi serta Balai Prasarana Permukiman Wilayah Bali. Rapat dibuka dan dipimpin oleh Kepala Bappeda didampingi oleh Kabid Perekonomian, Sumber Daya Alam, dan Infrastruktur Bappeda Kabupaten Buleleng. Pada rapat dibahas terkait usulan program kegiatan indikatif jangka menengah terkait 2 Sub Sektor Sanitasi yaitu air limbah dan persampahan. Kesimpulan rapat antara lain sebagai berikut.

 

  1. Coaching Clinic IV dan V merupakan tahapan terakhir dari kegiatan Pendampingan Implementasi SSK Kabupaten Buleleng.
  2. Hasil yang diharapkan dari pelaksanaan Coaching Clinic IV dan V yaitu draft usulan rencana aksi multiaspek yang disetujui oleh OPD dan tabel rencana program kegiatan sanitasi sesuai recana aksi multiaspek Tahun 2020 dan 2021.
  3. Sebelum acara Coaching Clinic IV dan V, sebelumnya sudah dilakukan Audiensi Pokja Sanitasi Kab Buleleng kepada Bapak Bupati Buleleng yang diwakili oleh Bapak Kepala Bappeda, Kadis PUTR,  Kadis LH, Kadis Perkimta dan Kepala BPKPD Kab Buleleng untuk mendapatkan komitmen/dukungan dari Kepala Daerah terhadap sektor sanitasi.
  4. Paket Kebijakan Sektor Sanitasi Kabupaten Buleleng yaitu Penuntasan Akses Air Limbah Domestik yang Aman serta Akses Persampahan Kedas Gati Tahun 2024 (Menuju Buleleng Sakti: Sanitasi Aman Kedas Gati):

 

  • Penyusunan Ranperda dan Lembaga Pengelolaan Air Limbah Domestik.
  • Pembangunan Tangki Septik Komunal/individu, IPAL Kawasan Perkotaan, IPAL Komunal di Kawasan Strategis dan Padat Penduduk.
  • Buleleng Bebas BABS 2024.
  • Peningkatan Kinerja Pengelolaan Air limbah.
  • Pengembangan Kinerja Persampahan dan Peningkatan Pelayanan Persampahan.
  • Peningkatan Peran serta Masyarakat dan Swasta dalam Pengelolaan Persampahan.
  • Optimalisasi Sarana dan Prasarana Penanganan dan Pengurangan Sampah (Anik Widyastuti_Balitbang_2020).