(0362) 27719
brida@bulelengkab.go.id
Badan Riset dan Inovasi Daerah

4 Mahasiswa UNS Jawa Tengah Kunjungi BRIDA Buleleng

Admin brida | 15 Agustus 2024 | 817 kali

BULELENG, Empat orang mahasiswa utusan Universitas Sebelas Maret (UNS) Jawa tengah melakukan kunjungan koordinasi ke Badan Riset dan Inovasi Daerah (BRIDA) Kabupaten Buleleng, Kamis (15/8).

Kehadiran 4 orang mahasiswa itu diterima Analis Kebijakan Ahli Madya Made Mira Tri Yulia  Ida Justisiana, mewakili Kepala BRIDA di loby kantor setempat.

Kehadiran mahasiswa UNS dalam rangka membawa misi universitas terkait dengan kegiatan riset dan kajian Kopi Desa Lemukih, untuk persiapan diajukan pencatatan Indikasi Geografis ke Direktur Jendral Kekayaan Intelektual Kemenkumham RI. Penelitian dan riset kopi Lemukih dilakukan mulai hari ini dengan melakukan koordinasi ke instansi terkait, yaitu Dinas Pariwisata, Dinas Dagprinkop UKM, Dinas Pertanian, BRIDA serta Desa Adat  Lemukih dan petani di desa setempat.

Menurut Mira, langkah UNS untuk melakukan riset tentang Kopi Lemukih yang akan diajukan  menjadi Indikasi Geografis, pihaknya menyatakan sangat mendukung, hanya saja  untuk persiapan permintaan data tentang Kopi Lemukih sebaiknya lebih intens koordinasi dengan dinas terkait, baik dengan Dinas Pertanian maupun Dinas pariwisata sebagai instansi yang memfasilitasi.

Namun demikian, Mira berharap riset bisa dilaksanakan sesuai dengan harapan Kopi lemukih bisa diajukan atau dicatatkan sebagai Indikasi Geografis. Sebab secara teknis syarat utama Indikasi Geografis harus masuk unsur reputasi, ciri khas dan karakteristik Kopi Lemukih yang membedakan dengan kopi yang sama yang ada di daerah lain, selain juga menyangkut lingkungan dan sumber daya manusianya. Jika saja salah satu tidak dipenuhi, maka tidak bisa didaftarkan sebagai Indikasi Geografis. #Roy.