(0362) 27719
brida@bulelengkab.go.id
Badan Riset dan Inovasi Daerah

Workshop Penguatan Kapasitas Stakeholder Dalam Pengelolaan Sampah di Buleleng

Admin brida | 05 Desember 2022 | 164 kali

Senin, 5 Desember 2022, Peneliti Balitbang Inovda Buleleng, Made Sumbertiasih, S.E.,M.M., menghadiri workshop penguatan kapasitas stakeholder dalam pengelolaan sampah di perdesaan. Workshop diselenggarakan oleh Dinas PUTR Buleleng, dengan dipimpin Sekretaris, Ketut Sugiana, S.T., didampingi Kabid Cipta Karya, Gede Suharjono, S.T.,M.T. Dalam sambutannya, Ketut Sugiana menyampaikan bahwa prasarana dan sarana pengelolaan sampah sudah banyak dibangun oleh pemerintah, namun belum semuanya mampu mengatasi permasalahan sampah di desa setempat.

 

Narasumber menghadirkan Kepala Dinas Lingkungan Hidup Buleleng, Gede Melandrat, S.P., Bendesa Adat dan Pengelola TPS3R Tanjung Benoa, serta Perbekel Desa Baktiseraga. Undangan yang hadir dari Dinas PMD, Dinas Kebudayaan, Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan, para Perbekel se-Kabupaten Buleleng, Bendesa Adat se-Kabupaten Buleleng, dan Camat se-Kabupaten Buleleng.


Kegiatan ini diselenggarakan dengan 2 metode, yaitu offline dan online. Pengelolaan sampah di pedesaan memerlukan dukungan dan sinergi antara desa dinas dengan desa adat, di samping diperlukan juga tanggung jawab dari warga masyarakat untuk mengelola dan mengolah sampah yang dihasilkan sampai selesai. (#Sbt).