(0362) 27719
brida@bulelengkab.go.id
Badan Riset dan Inovasi Daerah

RAKOR BALITBANG, KABAN : “REFORMASI BIROKRASI ARAHNYA ADANYA PERUBAHAN SIKAP MENTAL”

Admin brida | 04 Mei 2021 | 370 kali

Adanya Reformasi Birokrasi atau penyederhanaan birokrasi pada dasarnya adalah terjadinya perubahan sikap mental dikalangan pegawai. Perubahan sikap mental itu menyangkut peningkatan disiplin kerja dan disiplin mutu. Hal itu disampaikan Kepala Balitbang Buleleng, Dokter Gede Wiartana, M.Kes., saat memimpin rapat koordinasi rutin evaluasi hari ini (4/5) di ruang pertemuan kantor setempat lantai 3. Disiplin Kerja itu menurut Kaban dimaksudkan agar pegawai tetap komitmen untuk mematuhi segala aturan kepegawaian yang ada, baik mentaati jam kerja, dan hal lain yang menyangkut pelaksanaan tugas secara profesional. Terkait disiplin mutu, menyangkut hasil pekerjaan agar ada nilai tambahnya. Bukan hanya sekedar melaksanakan tugas, tetapi harus ada mutunya yang bisa diukur pasti. Berkaitan dengan itulah maka semua pejabat struktural dan pegawai harus segera menjadi Agen Perubahan (Agent Of Change). Lakukan perubahan pada diri sendiri dulu, jangan terpaku hanya dengan kegiatan monoton saja, tambahnya dengan penuh harap.

 

Kaban juga berharap agar Balitbang Buleleng segera menjadi pioner untuk menjadi agen perubahan di lingkungan Pemerintah Daerah Buleleng. Ia menilai tingkat disiplin di Balitbang sudah menunjukkan hasil yang baik, namun perlu terus peningkatan dengan motivasi-motivasi. Tradisi memberikan arahan dalam apel rutin pagi oleh para Kabid dinilai sangat efektif, sehingga perlu terus digalakkan. Ia menilai apel rutin itu juga sarana komunikasi dan informasi diantara pimpinan dengan staf, sehingga terjadi kesamaan visi dan komitmen untuk memajukan lembaga, urainya dengan tegas. Kaban menilai untuk peningkatan kompetensi perlu adanya penguatan SDM di Balitbang dengan cara memberikan pembekalan kepada staf-staf yang ada, sehingga tidak ada ketergantungan hanya dengan seseorang saja.

 

Menyangkut kajian yang dilakukan dan sedang berjalan, agar segera melakukan koordinasi dengan tenaga ahli untuk melaksanakan kegiatan  FGD. Sementara untuk Diseminasi Akhir, Kaban berharap bisa dilaksanakan bulan Agustus. Rakor diisi dengan sharing berbagai masukan terhadap pelaksanaan kegiatan Balitbang Buleleng. (Roy Astika/Balitbang/21).