(0362) 27719
brida@bulelengkab.go.id
Badan Riset dan Inovasi Daerah

Balitbang Hadiri Komitmen RIPP Buleleng

Admin brida | 20 Agustus 2021 | 276 kali

Jumat, 20 Agustus 2021 bertempat di Ruang Rapat Bagian Organisasi Setda Kabupaten Buleleng, Balitbang Buleleng hadiri rapat perihal Komitmen Replikasi Inovasi Pelayanan Publik (RIPP). Hadir pula perwakilan dari Bappeda, Disdukcapil, DLH, DKPP, Disdikpora, Dishub dan Diskominfo Santi Kabupaten Buleleng.

 

Rapat dipimpin oleh Asisten Administrasi Umum Setda Kabupaten Buleleng, Ir. Nyoman Genep, M.T., yang didampingi oleh Kabag Organisasi Setda Kabupaten Buleleng. Rapat ini dilaksanakan dalam rangka menindaklanjuti hasil dari pertemuan sebelumnya, perihal Penetapan RIPP yang dilaksanakan oleh Bagian Organisasi pada tanggal 6 Agustus 2021.

 

Beberapa hal yang dapat disampaikan antara lain : pertama, setelah dilaksanakan rapat pemantapan kembali bersama OPD terkait perihal rencana RIPP, ternyata ada beberapa perubahan terkait Inovasi yang akan direplikasi. Setelah dilaksanakan pemetaan ulang penentuan prioritas pembangunan sesuai SDGs, dengan mempertimbangkan situasi dan kondisi saat ini di Kabupaten Buleleng, yaitu dengan kondisi pandemi serta dukungan anggaran, sehingga inovasi yang paling memungkinkan untuk direplikasi untuk tahun 2022 ada 3 inovasi, antara lain : a) TOSS (Tempat Olah Sampah Setempat, milik Pemkab Klungkung), akan direplikasi oleh DLH dengan nama Pilah Sampah Setempat Dukung Urban Farming (PAS URBAN); b) AKUWARAS (Administrasi Kependudukan utk Warga Denpasar, milik Pemkot Denpasar), akan direplikasi oleh Disdukcapil dengan nama LAYONSARI Kecapil (Layanan Online Administrasi Kependudukan dan Pencatatan Sipil); c) Maya Si Tekmas (milik Pemkot Denpasar), akan direplikasi oleh Disdikpora dengan nama Posko-DO (Program Komando Drop Out).

 

Kemungkinan inovasi Posko-DO ini nantinya akan berkolaborasi dengan Dinas Perhubungan (dengan mereplikasi inovasi Angkutan Siswa Trans Serasi, milik Pemkab Tabanan), serta berkolaborasi juga dengan Dinas PMD terkait masalah data anak yang tidak bersekolah (yang belum terdaftar di Disdikpora Kabupaten Buleleng).

 

Kedua, untuk tahun selanjutnya menyusul inovasi-inovasi yang akan direplikasi, antara lain : a) angkutan Trans Serasi (milik Pemkab Tabanan), akan direplikasi oleh Dishub dengan nama Trans Santika; b) PATRIOT (Pendeteksi Area Penangkapan Ikan menggunakan Sistem Internet of Things, milik Pemkab Badung), akan direplikasi oleh DKPP dengan nama BulFish (Buleleng Fish).

 

Ketiga, selanjutkan inovasi tersebut yang akan direplikasi pada tahun 2022 akan diajukan ke Tim Pendamping JIPP Provinsi Bali oleh Bagian Organisasi Setda Kabupaten Buleleng, untuk lanjut sebagai bahan FGD pada hari selasa tanggal 24 Agustus 2021 (OPD terkait diminta menyiapkan bahan pemaparan). (Mira Triyulia/Balitbang/21).