(0362) 27719
brida@bulelengkab.go.id
Badan Riset dan Inovasi Daerah

KEMENRISTEK/BRIN LAKSANAKAN SOSIALISASI DAN BIMTEK PEMETAAN IDSD 2021

Admin brida | 09 April 2021 | 520 kali

Kegiatan Sosialisasi Pengisian Pemetaan Indeks Daya Saing Daerah (IDSD) yaitu dalam rangka mengukur sejauh mana kapasitas daya saing daerah kita. Kegiatan ini  adalah moment yang tepat untuk mempersiapkan pengukuran IDSD melalui Aplikasi yang dapat diakses secara luas oleh berbagai kalangan terutama para responden di daerah, baik tingkat provinsi, kabupaten maupun kota. Kemenristek/BRIN mengadakan Bimtek ini untuk sosialisasi. Dari Bimtek ini kita bisa melihat penetrasi pemanfaatan IDSD sebagai pemetaan daya saing daerah untuk provinsi, kabupaten, dan kota. 

 

Pengisian Kuisioner Indeks Daya Saing Daerah ini bukan hanya untuk lomba Budhipura/Budhipraja saja, tetapi untuk formula yang diperkuat kepada pengisiannya sesuai dengan kinerja masing masing OPD ditingkat Provinsi ataupun Kabupaten/Kota yang hasilnya adalah untuk mengukur seberapa besar kinerja di Provinsi ataupun Kabupaten/Kota yang mana dapat dilihat intervensi pemerintah pusat terhadap daerah. Dengan demikian dapat dilihat dari sisi mana penguatannya dan dari sisi mana kelemahan suatu intervensi tersebut. Dalam melaksanakan tupoksi, setiap Pemerintah Daerah sebaiknya bersinergi dengan Perguruan Tinggi didaerahnya masing-masing yang banyak melakukan riset, karena perguruan tinggi menjadi pusat penelitian dengan sumber daya manusia yang memadai serta berkompeten.

 

Guna mendukung penyesuaian pengembangan indikator pada pengukuran Indeks IDSD, Direktorat Sistem Inovasi, Deputi Penguatan Inovasi, dan Kemenristek/BRIN melaksanakan Bimbingan Teknis (Bimtek) pemanfaatan sistem informasi untuk memberikan pengetahuan kepada pengguna, terutama yang tidak berinteraksi langsung pada saat pengembangan aplikasi dan memastikan bahwa sistem informasi telah sesuai dengan keinginan akan kebutuhan pengguna. Kegiatan Sosialisasi dan Bimtek tersebut difokuskan untuk memperoleh kesepamahan terhadap data indikator masing-masing institusi, menyepakati indikator data serta ketersediaan data sesuai dengan poksi instansi masing-masing untuk dapat diinput ke dalam Aplikasi Pengisian indicator IDSD Tahun 2021. (Adhy Wicaksana/Balitbang/21).