(0362) 27719
brida@bulelengkab.go.id
Badan Riset dan Inovasi Daerah

Pra FGD Rencana Penanggulangan Bencana di Buleleng

Admin brida | 21 Juli 2023 | 460 kali

Jumat, 21 Juli 2023 dilaksanakan Rapat Koordinasi Pra Focus Group Discussion (FGD) Laporan Akhir Penyusunan Dokumen Rencana Penanggulangan Bencana Kabupaten Buleleng Tahun 2023-2027, yang diselenggarakan secara virtual melalui Zoom Meeting.

Rapat dibuka oleh Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Buleleng, Putu Ariadi Pribadi, S.STP.,M.AP., dalam arahannya menyampaikan bahwa dengan dilaksanakannya FGD ini, hasilnya nanti sudah mendekati sempurna sesuai dengan panduan penyusunan RPB dari BNPB. Setelah dokumen RPB ini selesai akan dilakukan asistensi ke BNPB, untuk itu diharapkan saran dan masukan dari semua pihak yang terlibat, sehingga dokumen ini mendekati sempurna. Harapannya dokumen ini dalam proses legalitasnya nanti dapat berbentuk peraturan bupati sehingga bisa masuk dalam RPJMD Kabupaten Buleleng.

I Wayan Krisna Eka Putra selaku tenaga ahli Konsultan CV. Yogawidya Sarana Design dalam paparannya menyampaikan RPB merupakan Perencanaan/Kerangka kerja yang memuat kebijakan, strategi, dan pilihan tindakan untuk pengurangan risiko bencana pada setiap tahapan dalam diklus bencana (pra, saat, pasca). Penentuan Prioritas Bencana Yang Ditangani di Kabupaten Buleleng yaitu untuk bencana Banjir, Tanah Longsor, Gempa Bumi, Tsunami, Kekeringan dan Konflik Sosial. Masalah Pokok Penanggulangan Bencana di Kabupaten Buleleng yaitu 1) Ancaman bencana yang beragam dengan intensitas kejadian bencana yang cenderung mengalami peningkatan tidak terlepas dari kondisi demografis, klimatogis, topografi, geografis dan geologis serta berbagai aktivitas masyarakat yang tidak memperhatikan keberlanjutan lingkungan. 2) Kerentanan wilayah Kabupaten Buleleng dalam menghadapi berbagai jenis ancaman secara umum masih dalam kategori tinggi. Dan 3) Kapasitas wilayah Kabupaten Buleleng dalam menghadapi berbagai jenis ancaman secara umum masih dalam kategori sedang. Selanjutnya dilaksanakan penyampaian mengenai Kerangka Kerja Pra Bencana, Saat Bencana dan Pasca Bencana serta penyampaian Rencana Aksi Kegiatan.

Selanjutnya dilaksanakan sesi diskusi dan tanya jawab dengan peserta rapat. Kegiatan tersebut pada Kesempatan ini Balitbang inovda Kabupaten Buleleng diwakili oleh Putu Sucika, S.Sos selaku Analis Desa dan Kelurahan serta dihadiri pula oleh OPD terkait seperti BPBD Provinsi Bali, Polres Buleleng, Kodim 1609 Buleleng, BPS Kab. Buleleng, Dinas PUTR, Disperkimta, Dinsos, Dinkes, DLH, Diskominfosanti, Damkar, Dishub, Disdikpora, Distan, Disdagperinkop UKM, Satpol PP, Bappeda, BPKPD, Badan Kesbangpol, Bagian Ekbang Setda, Bagian Hukum Setda, Unipas, Undiksha, PMI, Forum PRB, PWI, PHRI dan Gapensi Buleleng. #Sck.