(0362) 27719
brida@bulelengkab.go.id
Badan Riset dan Inovasi Daerah

Potensi Inovasi di Desa Pangkungparuk, Unggahan, dan Ularan Kecamatan Seririt

Admin brida | 20 Oktober 2023 | 704 kali

Jumat, 20 Oktober 2023 Badan Penelitian, Pengembangan dan Inovasi Daerah Kabupaten Buleleng bersama staf Perencanaan Kantor Camat Seririt, melaksanakan monitoring dan pendataan inovasi ke Desa Pangkungparuk, Unggahan, dan Ularan Kecamatan Seririt, dalam rangka mengoptimalkan perkembangan dan pemahaman inovasi kepada masyarakat.

Monitoring di Desa Pangkungparuk diterima oleh Kaur Pelayanan dan Kaur Umum, yang menyampaikan kondisi desa saat ini sedang melaksanakan aktifitas ekonomi secara konvensional. Komoditi yang ada adalah pertanian, perkebunan, peternakan, dan pariwisata. Pada penjelasannya, untuk saat ini potensi desa yang ada adalah obyek Purbakala, Agrowisata, Spiritual, Satwa langka (kera ekor panjang), dan Air terjun. Rencana kedepannya akan dikembangkan inovasi yang terintegrasi, dengan tujuan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat.

Di Desa Unggahan, sesuai data inovasi sebelumnya terdapat inovasi kincir air (springkler), yang diciptakan perorangan dengan memanfaatkan barang bekas. Sampai saat ini produk yang diciptakan masih berkelanjutan, bahkan penjualan kincir ini sudah sampai keluar desa. Komoditi unggulannya adalah pertanian cengkeh.

Sedangkan di Desa Unggahan, sesuai dengan hasil peninjauan langsung ke desa, saat ini masih dalam proses pembenahan pengelelolaan keuangan. Terkait inovasi, sudah menerapkan pengelolaan air minum desa menggunakan aplikasi e-desaku. Sama seperti di Desa Panji dan Baktiseraga, tujuan e-desaku untuk memberikan transparansi data, dan mempermudah proses layanan kepada masyarakat. Komoditi di desa ini tidak jauh berbeda dengan Desa Unggahan. #Wck.