(0362) 27719
brida@bulelengkab.go.id
Badan Riset dan Inovasi Daerah

Workshop Equality dan Data Terpilah Kabupaten Buleleng

Admin brida | 16 November 2022 | 180 kali

Bertempat di Ruang Rapat Unit IV Kantor Bupati, Perencana Ahli Muda Balitbang Inovda Buleleng, Yuni Totaliana, S.P., menghadiri Workshop Equality dan Data Terpilah Kabupaten Buleleng. Workshop dibuka oleh Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Setda Kabupaten Buleleng, Bapak Ida Bagus Suadnyana, S.H., M.Si., yang dihadiri oleh Kepala Dinas PPKBPPPA, Sekretaris BPKPD selaku perwakilan dari Pokja serta 2 orang Widyaiswara dari BPSDM Propinsi Bali, A.A. Rai Kartini, S.Sos., M.Si., dan Dr. Nyoman Andika Triardi, SE.Ak.


Dalam sambutan Penjabat Bupati Buleleng yang dibacakan oleh Bapak Asisten I, disampaikan bahwa Pemerintah Kabupaten Buleleng sudah mendukung Inpres Nomor 9 Tahun 2000 tentang Pengarusutamaan Gender dalam setiap penyusunan program kegiatan yang dibuktikan dengan adanya Peraturan Bupati Nomor 2 Tahun 2021.


Sedangkan dalam sambutan Kepala Dinas PPKBPPPA disampaikan tujuan dilaksanakannya workshop adalah untuk menyamakan persepsi tentang kesetaraan gender, tersedianya data terpilah dan evaluasi pencapaian dari GAP dan GBS yang sudah dibuat masing-masing SKPD. Masing-masing SKPD juga diharapkan membuat SK Focal Point, dan team yang termasuk di dalam SK Focal Point tersebut hendaknya masing-masing sudah memahami terkait pengarusutamaan gender atau minimal pernah mengikuti pelatihan terkait pengarusutamaan gender.

Di dalam Renstra/Renja hendaknya sudah disusun berdasarkan pengarusutamaan gender, karena sewaktu-waktu dari tim penilai akan turun ke masing-masing SKPD sebelum melakukan penilaian untuk mengumpulkan data penilaian. Data terpilah hendaknya sudah dibuat secara terperinci, baik itu data gender (data saat ini) maupun statistik gender (perbandingan data sebelumnya hingga saat ini). (#Yun).