(0362) 27719
brida@bulelengkab.go.id
Badan Riset dan Inovasi Daerah

PEMBAHASAN LAPORAN PENDAHULUAN PENYEDIAAN AIR BAKU WADUK TAMBLANG

Admin brida | 23 Februari 2021 | 732 kali

Senin, 22 Pebruari 2021 Balitbang Buleleng hadiri teleconference yang diselenggarakan oleh Balai Wilayah Sungai Bali-Penida, dalam rangka Pembahasan Laporan Pendahuluan Pekerjaan SID Penyediaan Air Baku Waduk Tamblang di Kabupaten Buleleng. Rapat dibuka oleh Kepala Balai Wilayah Sungai Bali-Penida, dihadiri oleh seluruh instansi terkait, Tim Teknis Pekerjaan SID, Konsultan PT. Geodinamik KSO, dan CV. Tri Mata Disain. Beberapa hal yang dapat disampaikan pada pembahasan kali ini antara lain sebagai berikut.

 

  1. Pekerjaan SID Penyediaan Air Baku Waduk Tamblang ini dilatarbelakangi oleh pertumbuhan penduduk yang semakin meningkat yang berakibat meningkatnya pula kebutuhan masyarakat terhadap air baku/air minum.
  2. Permasalahan utama dari PDAM Kabupaten Buleleng adalah konsumsi air domestik dan cakupan layanan teknis. Dengan kondisi tersebut PDAM memperkecil volume produksi yang berdampak pada menurunnya kinerja efisiensi produksi, dimana telah dirumuskan ke dalam identifikasi permasalahan yang ada baik permasalahan PDAM Kabupaten Buleleng maupun permasalahan SPAM pedesaan Kabupaten Buleleng.
  3. Lingkup kegiatan mulai dari persiapan hingga survey, Gambaran umum SPAM Kabupaten Buleleng (proyeksi penduduk, kebutuhan air minum, sumber-sumber air, tingkat pelayanan), Data teknis, Data proyek, Kriteria perencanaan SPAM, Rencana Kerja/Schedule, Hasil perhitungan kebutuhan air minum, Proyeksi kebutuhan air, neraca air, dan kehilangan produksi air bersih, Rencana pemenuhan kebutuhan air baku Kabupaten Buleleng serta Rencana jalur transmisi SPAB Tamblang.
  4. Waktu pelaksanaan SID ini selama 7 bulan kalender, terhitung mulai SPMK.
  5. Waktu pelaksanaan pekerjaan telah dimulai sejak tahun 2018 hingga 2022, dan diharapkan di tahun 2023 telah mulai beroperasi.
  6. Diharapkan pula nantinya dalam pemanfaatan Waduk Tamblang tersebut dapat memenuhi kebutuhan air baku sebesar 510 lt/dt untuk wilayah Kabupaten Buleleng, baik wilayah bawah maupun wilayah atas. (Mira Triyulia/Balitbang/21).