(0362) 27719
brida@bulelengkab.go.id
Badan Riset dan Inovasi Daerah

Keberlanjutan Inovasi Poskesdes di Desa Tembok

Admin brida | 21 Mei 2024 | 1169 kali

Senin, 20 Mei 2024 Bidang Inovasi dan Teknologi Balitang Inovda Buleleng yang diwakili Analis Kebijakan Ahli Muda, Gede Suardika mengikuti monev pembinaan keberlanjutan inovasi pelayanan publik Poskesdes di Desa Tembok Kecamatan Tejakula, bersama tim monev dari Bagian Organisasi Setda Buleleng.

 

Keberlanjutan inovasi yang telah mendapatkan penghargaan TOP 99 tahun 2023 telah berjalan dengan baik, tetapi masalah yang dihadapi adalah kurangnya tenaga kesehatan, terutama dokter dan perawat yang bertugas belum ada. Untuk mengatasi hal tersebut, tim dari Dinas Kesehatan Kabupaten Buleleng memberikan solusi untuk sementara dijadikan klinik kesehatan dengan dokter mandiri sebelum menjadi FKTP (Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama).


Untuk menjadi FKTP harus mengikuti syarat akreditasi layanan kesehatan dan juga tenaga kesehatan telah tersertifikasi. Apabila telah ada dokter mandiri pada layanan kesehatan tersebut, boleh bekerjasama dengan BPJS Kesehatan. Keberlanjutan selama ini menggunakan tenaga kesehatan dari tamatan perawat dengan layanan kesehatan perhari rata-rata 30 orang. #Igs.