(0362) 27719
brida@bulelengkab.go.id
Badan Riset dan Inovasi Daerah

Garam Tejakula Terima Sertifikat KI Indikasi Geografis

Admin brida | 08 September 2024 | 717 kali

DENPASAR, Setelah melalui proses panjang, akhirnya Garam Tejakula Kabupaten Buleleng diakui sebagai produk kearifan lokal Buleleng kategori Indikasi Geografis (IG) dari Direktorat Jendral Kekayaan Intelektual (DJKI) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia RI. 

Sertifikat Kekayaan Intelektual (KI) Indikasi Geografis diterima Kepala Badan Riset dan Inovasi Daerah (Brida) Kabuaten Buleleng Drs. Made Supartawan, M.M., mewakili Pj. Bupati Buleleng. Sertifikat IG langsung diserahkan  Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia RI, Supratman Andi Agtas pada acara Festival Kekayaan Intelektual di Kawasan Werdi Budaya Art Center Denpasar, Sabtu (7/9).

Menurut Direktur Jendral Kekayaan Intelektual Mien Asihin, kegiatan Festival Kekayaan Intelektual dengan tema "Kekayaan Intelektual Terlindungi, ekonomi Mandiri" merupakan kegiatan unggulan DJKI Kemenkumham RI dalam upaya melakukan edukasi kepada masyarakat akan pentingnya KI dalam  meningkatkan pertumbuhan ekonomi negara.  Kegiatan yang berlangsung selama 3 hari itu, diisi dengan kegiatan DJKI mendengar, konsultasi KI dan pameran produk KI.

Sementara itu, Pj. Gubernur Bali Sang Made Mahendra dalam laporannya sesaat sebelum acara penutupan menyampaikan bahwa Bali merupakan daerah yang menjadi sentra KI di Indonesia, yang perlu terus dilindungi secara hukum dan terus diberdayakan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat  selama tahun 2019 sampai dengan tahun 2024 ini. KI yang telah tercatatkan sebanyak 821, terdiri dari 426 KI Komunal yang diantaranya menyangkut Ekspresi Budaya Tradisional, Sumber Daya Genetik, Pengetahuan Tradisional, dan 395 KI Personal seperti Hak Merek, Hak Cipta dan Hak Paten.

Pj. Gubernur menyampaikan apresiasi dilaksanakan Festival Kekayaan Intelektual di Bali, yang telah mampu mencapai target kunjungan sebanyak 5 ribu orang, dengan menampilkan 86 pameran berbagai potensi di daerah Bali.

Acara penutupan festival turut dimeriahkan artis Ari Larso dengan membawakan lagu-lagu hitnya yang mampu memenuhi arena terbuka Werdi Budaya Art Center oleh penoton. #Roy.