(0362) 27719
brida@bulelengkab.go.id
Badan Riset dan Inovasi Daerah

Sosialisasi Rancangan Perda Inisiatif DPRD Buleleng Tentang Pendidikan Pancasila dan Wawasan Kebangsaan

Admin brida | 12 Desember 2022 | 157 kali

Senin, 12 Desember 2022 bertempat di ruang rapat Gabungan Komisi DPRD, Peneliti Ahli Muda Balitbang Inovda Buleleng, I Gede Putu Wirata, S.Sos., menghadiri undangan Sosialisasi Naskah Akademik Rancangan Perda Inisiatif DPRD Kabupaten Buleleng tentang Pendidikan Pancasila dan Wawasan Kebangsaan. Kegiatan dipimpin Wakil Ketua DPRD dengan dihadiri Ketua Bapemperda DPRD, Ketua Komisi I ,Tim Ahli Undiksha dan undangan OPD lainnya.

Dalam sambutannya, Ketua Bapemperda DPRD menyebutkan bahwa ada 14 Ranperda yang perlu dibahas, diantaranya 8 usulan dari eksekutif, dan 3 hak inisiatif DPR yang akan dibahas di tahun 2023. Salah satu dari 3 ranperda hak inisiatif DPRD adalah penyusunan Naskah Akademik Ranperda tentang Pendidikan Pancasila dan Wawasan Kebangsaan.

Tujuan dari penyusunan Ranperda tentang Pendidikan Pancasila dan Wawasan Kebangsaan adalah untuk meningkatkan pengamalan Pancasila, membina kerukunan dan toleransi masyarakat secara majemuk yang terdiri atas beragam suku, ras, agama, golongan, sosial, ekonomi, budaya dan kearifan lokal, sehingga terwujud masyarakat Daerah Buleleng yang berkarakter unggul dan menjiwai Pancasila. Sebagai payung hukum yang mampu memecahkan permasalahan yang dihadapi oleh Pemkab Buleleng terkait permasalahan  penghayatan, dan pengamalan nilai Pancasila tentang Pendidikan Pancasila dan Wawasan Kebangsaan. (#Wir).