(0362) 27719
brida@bulelengkab.go.id
Badan Riset dan Inovasi Daerah

Pintar Jurnalistik Bareng Kominfo Newsroom

Admin brida | 11 Juli 2024 | 1935 kali

BULELENG, Kemampuan di bidang Jurnalistik penting dimiliki para pegawai khususnya di lingkungan Pemkab Buleleng, oleh karenanya Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik Kabupaten Buleleng menyelenggarakan pelatihan Jurnalistik dengan tema “Jadi Pintar Bareng Kominfo Newsroom”.

 

Kegiatan ini terselenggara atas kerjasama dengan Direktorat Pengelolaan Media Kementerian Kominfo RI, yang berlangsung secara online dan offline di Gedung Laksmi Graha Singaraja, Kamis (11/7), diikuti perwakilan dari Perangkat Daerah se-Bali.

 

Narasumber hadir langsung dari Kementerian Kominfo, Pranata Humas Ahli Muda Elvira Inda Sari, dengan materi menulis berita dan siaran pers. Pada kesempatan itu, narasumber menyampaikan pentingnya kemampuan dalam menulis berita yang sesuai syarat dan ketentuan sebuah berita. Elvira menegaskan bahwa berita merupakan keterangan mengenai kejadian atau peristiwa yang hangat.

 

Sebuah berita yang menarik menurutnya adalah yang mengandung beberapa unsur nilai, seperti; aktual yang berarti diangkat dari suatu kejadian; magnitude (pengaruh); dampak; kedekatan/lokasi; unik; ketokohan/ketenaran; kemanusiaan/human interest (menyentuh perasaan); dan konflik. Sebuah berita hendaknya mengandung beberapa unsur tersebut, dan ketika semua unsur nilai itu ada maka sudah tentu berita akan sangat menarik.

 

Di samping itu, Elvira juga menegaskan bahwa seorang penulis berita wajib memperhatikan struktur penulisannya. Struktur berita diumpamakan seperti piramida terbalik, judul sebagai yang terpenting, kemudian lead atau poin utama, dan tubuh berita.


Unsur lainnya yang tidak boleh tertinggal yaitu 5w 1h yang wajib ada pada sebuah berita, yang sudah umum sering didengar namun mungkin sedikit yang memahaminya. Unsur 5w 1h diantaranya; what, apa peristiwanya; when, kapan terjadinya; where, dimana tempat/kejadian; who, siapa yang terlibat; why, mengapa kegiatan/peristiwa terjadi; dan how, bagaimana cara menangani atau kelanjutan dari peristiwa.


Terakhir, Elvira menambahkan satu hal yang perlu diperdalam dan terus dilatih adalah kemampuan menyampaikan atau menyajikan tulisan agar menarik dibaca. #Wyn.