(0362) 27719
brida@bulelengkab.go.id
Badan Riset dan Inovasi Daerah

Universitas Udayana Lakukan Penelitian Unggulan tentang KI Komunal

Admin brida | 06 Oktober 2023 | 498 kali

Universitas Udaya Denpasar saat ini tengah melakukan penelitian unggulan mengangkat Model Pengaturan Kekayaan Intelektual (KI) Komunal berbasis benefit sharing dalam menunjang pariwisata dan ekonomi kreatif.

 

Penelitian dilakukan oleh Prof. Dr. Ni Ketut Supasti Dharmawan, SH., M.Hum LLM., bertujuan untuk mengkaji pengaturan KI  Komunal dalam kaitannya dengan perlindungan berbasis benefit sharing yang eksis saat ini dalam perspektif perbandingan pengaturan di Bali, Indonesia dan tingkat internasional, serta memformulasikan model pengaturan KI Komunal berbasis perlindungan benefit sharing bentuk produk hukum Peraturan Daerah di Provinsi Bali.

 

Menurut Supasti, dalam abstraksi penelitiannya mengungkapkan bahwa urgensi dari perlindungan benefit sharing adalah sebagai solusi dalam rangka memberikan kepastian hukum dan keadilan terkait permasalahan Kekayaan Intelektual Komunal yang terdiri dari : Pengetahuan tradisional, Ekspresi Budaya Tradisional, Sumber Daya Genetik, dan Potensi Indikasi Geografis.

 

Berkaitan dengan kelengkapan data penelitian, Tim Peneliti Udayana diwakili Ngurah Ardhya yang hari ini (6/10) menggali materi di Balitbang Inovda Kabupaten Buleleng. Beberapa substansi pokok yang diinginkan menyangkut tugas dan fungsi Balitbang Inovda terkait fasilitasi Hak Kekayaan intelektual, termasuk potensi KI Komunal di daerah Buleleng.


Kepala Bidang Inovasi dan Teknologi Balitbang Inovda, Made Mira Tri Yulia Ida Justiana dalam kesempatan itu menjelaskan secara gamblang tentang tugas dan fungsi Balitbang Inovda dalam pengaturan dan fasilitasi Hak Kekayaan Intelektual di Kabupaten Buleleng, serta menjelaskan program kegiatan yang telah dan akan dilaksanakan terkait dengan fasilitasi Hak Kekayaan Intelektual Komunal di Kabupaten Buleleng. Mira mengungkapkan, untuk fasilitasi KI di Kabupaten Buleleng pihaknya saat ini masih melakukan kerjasama dengan pihak Brida Bali menyangkut anggaran pendaftaran KI. #Roy.