(0362) 27719
brida@bulelengkab.go.id
Badan Riset dan Inovasi Daerah

Harapan Penelitian Program PISCES Partnership

Admin brida | 13 September 2023 | 603 kali

Selasa, 12 September  2023 Balitbang Inovda Buleleng mengikuti zoom meeting yang dilaksanakan oleh  Badan Riset dan Inovasi Daerah (Brida) Provinsi Bali. Kegiatan dibuka langsung oleh Ir. Made Gunaja, M.Si., selaku Kepala Brida yang dalam sambutannya menyatakan bahwa program penelitian PISCES ini berfokus pada upaya mendukung Pemerintah Indonesia dalam mengurangi sampah plastic, dengan tujuan utama untuk menyediakan solusi berbasis bukti dan intervensi system.

 

Acara dilaksanakan daring dan dihadiri Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah se- Bali, Kepala Dinas Kehutanan dan Lingkungan Hidup se-Bali, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan se-Bali,  Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, Perumahan dan Kawasan Permukiman se-Bali. Penyampaian materi oleh Tim Peneliti PISCES yang diwakili oleh Prof. Susan Jobling, Ph.D.

 

Prof. Susan menyampaikan laporan yang merupakan laporan antara/belum final dari hasil penelitian program PISCES Partnership, dengan beberapa kesimpulan diantaranya; 1) Perlunya didirikan Living Lab sebagai pusat inovasi berbasis lokasi, sehingga solusi inovatif dapat diujicobakan dan dipantau secara nyata; 2) Program ini fokus pada upaya mengurangi penggunaan plastik sekali pakai, pengelolaan plastik, serta menyusun sistem pengelolaan; 3) Penelitian ini diharapkan nantinya dapat mendorong perubahan dalam mengatasi polusi plastik disumbernya, melindungi ekosistem laut dan air tawar, meningkatkan perikanan dan pariwisata serta memperkuat ekonomi lokal, serta akan mengubah tata kelola hidup bersih dan sehat.

Dari penelitian ini, diharapkan adanya data-data kongkrit pendungkung kebijakan dan dapat memberikan rekomendasi yang bermanfaat untuk mengatasi masalah sampah. #Sbt.