(0362) 27719
brida@bulelengkab.go.id
Badan Riset dan Inovasi Daerah

FGD Arsitektur Proses Bisnis dan Peta Rencana SPBE Buleleng

Admin brida | 17 Mei 2023 | 423 kali

Rabu, 17 Mei 2023 bertempat di Gedung Rektorat Ganesha I Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) Singaraja, dilaksanakan FGD Arsitektur Proses Bisnis dalam Penyusunan Arsitektur dan Peta Rencana Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) Kabupaten Buleleng. FGD dihadiri Bappeda, Dinas Kominfosanti, dan Bagian Organisasi Setda.

FGD dipandu oleh Sekretaris Tim Pelaksana Undiksha, I Made Ardwi Pradnyana, ST,. MT., dan I Ketut Resika Arthana, ST., M.Kom. Kegiatan FGD ini merupakan tindaklanjut dari FGD I yang sudah dilakukan sebelumnya. FGD akan dilakukan sebanyak 5 kali yang akan membahas setiap domain dalam arsitekur, dan peta rencana SPBE.

Pada hari ini dilakukan FGD Arsitektur Proses Bisnis. Dalam FGD didiskusikan terkait data RPD dan proses bisnis. Data RPD wajib sinkron dengan proses bisnis, karena sebagai bahan dalam penyusunan Referensi Arsitektur Proses Bisnis (RAB). RAB digunakan sebagai acuan dalam menentukan jenis/urusan/fungsi/proses yang dilakukan dalam penyelenggaraan pemerintahan. Daftar RAB akan menjadi acuan dalam pembentukan Referensi Arsitektur Data dan Informasi (RAD), dan Referensi Arsitektur Layanan (RAL).

FGD selanjutnya akan dilaksanakan Rabu, 31 Mei 2023 yang akan membahas terkait FGD Arsitektur Layanan dan Arsitektur Data dan Informasi. #Anw.