(0362) 27719
brida@bulelengkab.go.id
Badan Riset dan Inovasi Daerah

Beragam Inovasi Di Desa Jagaraga, Menyali, Galungan dan Lemukih

Admin brida | 09 November 2023 | 759 kali

Kamis, 9 Nopember 2023 Bidang Inovasi dan Teknologi Balitbang Inovda Buleleng melaksanakan pendataan Kekayaan Intelektuan (KI) dan inovasi di empat desa di Kecamatan Sawan, yaitu Desa Jagaraga, Menyali, Galungan dan Lemukih. Pendataan diwakili Analis Kebijakan, I Putu Adhi Wicaksana Indra Saputra dan Gede Suardika, serta pelaksana Made Adi Suradnya dan Made Arya Mertada. Sedangkan dari kantor Camat Sawan diwakili staf Bagian Pembangunan.

 

Di Desa Jagaraga diterima oleh Kasi Pelayanan, Nyoman Sukriartini, yang menyampaikan bahwa KI di Desa Jagaraga kategori budaya, seperti Gerebed-gerebedan Belulang, Pependetan subak Layahan, Tari Palawakya Jagaraga, kategori kuliner Rujak Gedebong Jagaraga. Untuk inovasi yang dilakukan berupa pengembangan desa berbasis wisata, pengelolaan sampah berbasis sumber, inovasi pembuatan tempe Jagaraga serta pengolahan pupuk organik.

 

Di Desa Menyali diterima oleh Sekretaris Desa, Nyoman Warna yang menyampaikan KI kategori budaya seperti Janger Menyali, Gong Kebyar Menyali, Kerajianan Aluminium, serta kategori tumbuhan/genetik Mangga bikul.

 

Di Desa Galungan diterima Perbekel Nyoman Suksama, yang menyampaikan KI kategori budaya seperti Tari Kikil Kijang, Blayag Embut Desa Galungan. Suksama juga menerangkan inovasi desa yang masih dalam pengembangan, khususnya untuk wisata desa air terjun.


Terakhir di Desa Lemukih diterima oleh Kasi Pembangunan Ketut Arsana, yang menyampaikan KI kategori budaya seperti Upacara Nyambah Dangsil, Upacara Metampelan yang menjadi satu dengan upacara ngerebeg, malik sumpah, dan memangguh. Selian itu ada juga Jerimpen Lemukih yang sudah menjadi maskot Desa Lemukih. Untuk kategori kuliner teridentifikasi Tipat Entil Lemukih, Timbungan Lemukih dan Serosob Lemukih. #Igs.