(0362) 27719
brida@bulelengkab.go.id
Badan Riset dan Inovasi Daerah

Pembahasan Laporan Akhir Kajian Kebijakan Pendidikan di Buleleng

Admin brida | 13 Desember 2022 | 157 kali

Selasa, 13 Desember 2022 dilaksanakan Pembahasan Laporan Akhir Kajian Merekontruksi Kebijakan Pendidikan di Kabupaten Buleleng Menuju Digitalisasi Satuan Pendidikan. Kegiatan dipimpin oleh I Gusti Ngurah Purnawirawan, S.E.,M.E., selaku Kepala Bidang Ekonomi dan Pembangunan Badan Penelitian, Pengembangan dan Inovasi Daerah Kabupaten Buleleng, didampingi Dr. Nengah Swastika, S.Pd.,M.Pd., selaku Tenaga Ahli Universitas Pendidikan Ganesha.

 

Ngurah Purnawirawan dalam sambutannya menyampaikan kegiatan ini merupakan pertemuan ketiga dalam penyusunan kajian Merekontruksi Kebijakan Pendidikan di Kabupaten Buleleng, Menuju Digitalisasi Satuan Pendidikan. Pada disikusi disampaikan draf laporan akhir dan diharapkan saran dan masukan guna menyempurnakan kajian yang telah disusun.

 

Nengah Swastika dalam paparannya menyampaikan yang menjadi urgensi dalam laporan akhir ini adalah bagaimana rencana tidak lanjut dari hasil penelitian ini. Adapun 3 point penting rencana tindak lanjut dari penelitian ini, yaitu RTL yang pertama perlu adanya kebijakan dari dinas untuk model dan bentuk pembelajarannya, perlu adanya pentunjuk teknis penggunaan teknologi bagi siswa dan sekolah perlu menyiapkan Tim IT sesuai kebutuhan. Sedangkan RTL kedua yaitu perlu adanya Kebijakan Flatform Singkronus dan Asinkronus, Kebijakan Fitur-fitur dalam pembelajaran asinkronus, adanya pelatihan dan pendampingan oleh Mahsiswa TP, Balai Pelatihan dan Guru Penggerak, dibentuknya Tim Teaching Antara Generasi Z, Milenial X dan BB. Dan RTL terakhir yaitu pentingnya memberikan pemahan teknologi for education, baik dari guru, siswa sampai orang tua, pengunaan fitur-fitur dalam LMS dan Penguatan Pendidikan Karakter.


Acara berlangsung di Ruang Rapat Badan Penelitian, Pengembangan dan Inovasi Daerah Kabupaten Buleleng dan dihadiri Dinas Pendidikan, Bappeda, Diskominfsanti, Bagian PBJ Setda Buleleng, LPPM Undiksha, LPPM Unipas, P3M Stah Mpu Kuturan, Kepala Sekolah dan Perwakilan Guru dari SDN 3 Banjar Jawa, SDN 1 Astina, SDN 1 Sangsit, SMPN 1 Singaraja, SMPN 4 Singaraja dan SMPN 1 Sukasada serta Peneliti Ahli Muda dan Staf Bidang Sospem Balitbang Inovda. (#Sck).