(0362) 27719
brida@bulelengkab.go.id
Badan Riset dan Inovasi Daerah

Inovasi Daerah Buleleng Diharapkan Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat

Admin brida | 26 Juni 2024 | 978 kali

Rabu, 26 Juni 2024 dalam rangka persiapan penginputan Indeks Inovasi Daerah (IID) Kabupaten Buleleng, Analis Kebijakan Ahli Muda Badan Riset dan Inovasi Daerah Kabupaten Buleleng, I Putu Adhy Wicaksana Indra Saputra, M.Kom., beserta staf melaksanakn bimbingan teknis terkait penginputannya.

Perangkat Daerah yang dikunjungi diantaranya Dinas Perhubungan, Dinas Pertanian, Dinas Perkimta, dan Dinas Sosial Kabupaten Buleleng.

Adapun hal yang ditekankan adalah terkait keberlanjutan, integrasi dan perkembangan (update) inovasi. Pada hasil diskusi ditemukan inovasi tematik, dimana penyesuaian inovasi tematik pada pengukuran IID Tahun 2024, yaitu digitalisasi layanan pemerintah, seperti digitalisasi administrasi dan smart city; penanggulangan kemiskinan; kemudahan investasi; dan prioritas aktual seperti stunting, inflasi, covid-19, pendapatan asli daerah, tingkat kandungan barang dalam negeri, tata kota, green economy, dan stabilitas keamanan dan kehidupan sosial.

Inovasi daerah secara kongkrit diharapkan mampu membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat, dan menguatkan kemandirian daerah dengan memanfaatkan kemampuan daerah dalam menggunakan teknologi yang menjadi kunci keberhasilan pembangunan. Oleh karena itu inovasi daerah menjadi sangat penting dan penentu keberhasilan menuju era ekonomi modern yang berdaya saing. #Wck.