(0362) 27719
brida@bulelengkab.go.id
Badan Riset dan Inovasi Daerah

Balitbang Inovda FGD Kajian Pengembangan Kebijakan Digitalisasi UMKM Buleleng

Admin brida | 01 Desember 2022 | 117 kali

Kamis, 1 Desember 2022 Badan Penelitian, Pengembangan dan Inovasi Daerah (Balitbang Inovda) Kabupaten Buleleng melaksanakan Focus Group Discussion (FGD) Kajian Pengembangan Kebijakan Digitalisasi UMKM di Kabupaten Buleleng, di ruang rapat setempat. Maksud dan tujuan dilaksanakannya FGD adalah untuk menjaring masukan dan saran dari peserta rapat, untuk penyempurnaan dalam penyusunan kajian.

Acara dipimpin oleh Bapak Sekretaris Balitbang Inovda, Made Suharta, S.Kom.,M.A.P., dan dihadiri oleh tim tenaga ahli dari Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, Dr. I Nengah Suastika, M.Pd., Dr. I Nengah Suarmanayasa, S.E.,M.Si., A.A. Istri Dewi Adhi Utami, S.Pd.,M.Pd., dan I Wayan Budiarta, S.Pd.,M.Pd. Selain itu hadir pula perwakilan dari Bappeda, Dinas Dagperinkop UKM, Camat se-Kabupaten Buleleng, Pelaku UMKM di masing-masing kecamatan, Direktur Keuangan Perumda Pasar Argha Nayottama Buleleng, serta Kepala Bidang Ekbang dan para Peneliti Ahli Muda Bidang Ekbang Balitbang Inovda.

Paparan disampaikan oleh Dr. I Nengah Suarmanayasa dan Dr. I Nengah Suastika. Tujuan dari kajian ini adalah untuk menganalisa dan memformulasi profil usaha, dan kemasan produk yang relevan dengan kebutuhan UMKM. Menganalisa transformasi digitalisasi yang relevan dengan kebutuhan pelaku UMKM, dan memformulasi keterampilan IT yang dibutuhkan oleh pelaku UMKM, untuk dapat melakukan pemasaran secara online, sehingga Pemerintah Kabupaten Buleleng dapat memformulasikan model kebijakan digitalisasi UMKM.

Rekomendasi sementara yang disimpulkan oleh tim pelaksana adalah perlunya dilakukan pelatihan sesuai umur, dan tingkat pendidikan pelaku UMKM tentang pembuatan profil usaha, serta penggunaan media sosial untuk pemasaran dan pengemasan produk. (#Eka).