(0362) 27719
brida@bulelengkab.go.id
Badan Riset dan Inovasi Daerah

Balitbang Buleleng Hadiri Forum Gabungan Perangkat Daerah

Admin brida | 07 April 2022 | 133 kali

Kamis, 7 April 2022, Kepala Badan Penelitian, Pengembangan dan Inovasi Daerah bersama Perencana Ahli Muda menghadiri undangan Forum Gabungan Perangkat Daerah Kabupaten Buleleng Tahun 2022 yang bertempat di Ruang Rapat Dinas Pertanian Kabupaten Buleleng. Rapat dibuka oleh Kepala Bappeda dan dipimpin oleh Asisten 3 Kabupaten Buleleng yang dihadiri oleh Asisten 2 serta seluruh Kepala SKPD dan beberapa Perencana Ahli Muda di Kabupaten Buleleng.

Dalam pemaparannya, Pak Asisten mengemukakan kebijakan belanja di tahun 2023 yang mengalokasikan belanja wajib seperti belanja pendidikan min 20%, belanja kesehatan min 10%, belanja wajib yang bersumber dari DTU min 25%, ADD min 10% dari APBD tahun anggaran berkenaan. Dalam rangka memudahkan pemetaan belanja wajib dan Mandatory Spending pada tahap perencanaan, dalam penginputan Rancangan Akhir RKPD dan Renja Perangkat Daerah 2023 diinput menggunakan rincian belanja dalam SIPD Perencanaan (SSH & SBU sementara menggunakan tahun berjalan).

Sesuai dengan Tema RKPD 2023 "Peningkatan Produktivitas Untuk Penguatan Daya Saing Daerah" maka terdapat beberapa prioritas kegiatan yaitu : Peningkatan kualitas SDM, Peningkatan Perekonomian, Peningkatan Kualitas Infrastruktur layanan dasar, Penurunan kemiskinan dan perlindungan sosial, Pemantapan stabilitas keamanan dan kenyamanan masyarakat, pelestarian adat dan budaya lokal, peningkatan kualitas lingkungan hidup serta peningkatan tata kelola pemerintahan yang efektif dan efisien. Kerangka pendanaan RKPD 2023 Indikatif besarnya Rp 2.253.707.000.000.

Arahan belanja Prioritas Tahun 2023 meliputi pembiayaan belanja wajib dan mengikat serta pemenuhan penerapan pelayanan dasar termasuk penerapan SPM, pembiayaan belanja pencapaian tujuan dan sasaran RKPD tahun 2023 serta pembiayaan belanja penyelenggaraan urusan pemerintahan lainnya. (Yuni/Balitbang/22).