(0362) 27719
brida@bulelengkab.go.id
Badan Riset dan Inovasi Daerah

BALITBANG SURVEY PANTAI PENIMBANGAN BERSAMA TENAGA AHLI

Admin brida | 26 Mei 2021 | 274 kali

Dalam rangka pelaksanaan Kajian Strategis Pengembangan dan Tata Kelola Kepariwisataan Kota Singaraja, Balitbang Buleleng yang diwakili Kasubid Sosial dan Budaya (Ketut Arsudipta, S.E.) bersama Tenaga Ahli Undiksha Singaraja (Ibu Indah Rahmawati, M.Bis.,Ph.D.) melaksanakan survey kawasan Pantai Penimbangan. Survey dilaksanakan melalui wawancara bersama Kelian Desa Adat Galiran  (Bapak Jro Anteng), pada Selasa kemarin (26/5).

 

Dalam wawancara, Tenaga Ahli mengajukan beberapa pertanyaan, diantaranya terkait pendapat jro kelian terhadap wacana pengembangan kepariwisataan Kota Singaraja, kelemahan yang dimiliki  pantai penimbangan, serta inspirasi atau harapan kedepannya seperti apa.

                                                       

Kelian Desa Adat Galiran menyampaikan apresiasi dengan pengembangan kepariwisataan di Pantai Penimbangan. Namun berharap agar para kelian adat diajak untuk turut andil dalam perencanaan dan pengembangannya ke depan. Disampaikan pula beberapa kelemahan Pantai Penimbangan, seperti wilayahnya yang sempit, banyak jalur hijau, yang mana  kalau ada pengembangan skala besar sudah tidak memungkinkan terjadi, banyak dagang disepanjang pantai, dimana saat musim hujan dan air laut pasang, maka mereka tidak mendapat penghasilan, Jalan menuju Pantai Penimbangan masih kurang tertata dan parkir masih sembarangan. Harapannya adalah ada perhatian kusus dari Pemkab Buleleng dalam penataan Pantai Penimbangan dan dapat memperkecil radius jalur hijau untuk pengembangan kawasan Pantai Penimbangan. (Arsudipta/Balitbang/21).