(0362) 27719
brida@bulelengkab.go.id
Badan Riset dan Inovasi Daerah

Monitoring Pelaksanaan Inovasi di Kecamatan Gerokgak

Admin brida | 19 Oktober 2022 | 174 kali

Rabu, 19 Oktober 2022 Bidang Inovasi dan Teknologi Balitbang Inovda Buleleng kembali melaksanakan monitoring inovasi di Kececamatan Gerokgak, dengan dipimpin Peneliti Ahli Muda, I Gede Suardika, S.E. Sebelumnya monitoring yang sama dilaksanakan ke Kecamatan Tejakula pada 18 Oktober.

 

Desa yang dituju kali ini adalah Desa Tinga-tinga dan Banyupoh sesuai dengan Keputusan Bupati Buleleng tentang data inovasi daerah tahun 2022. Inovasi di Desa Tinga-tinga yaitu inovasi pelayanan keaktifan KIS, inovasi data digital kependudukan, surat digital dan inovasi wisata air terjun. Dari inovasi yang dilaksanakan bertujuan untuk kecepatan pelayanan terhadap masyarakat dengan menggunakan aplikasi digital dan web. Inovasi wisata air juga bertujuan untuk meningkatkan wisata lokal maupun asing setelah pandemi covid-19.


Di Desa Banyupoh, monitoring tertuju ke inovasi batu akik Pulaki pada pengrajin batu permata UKM Kresnadana yang dimiliki Kadek Sudiasa. Dari penjelasan pemilik, proses pembuatan dengan menggunakan bahan batu local. Sedangkan penjualannya secara langsung kepada konsumen untuk cinderamata. (Igs).