(0362) 27719
brida@bulelengkab.go.id
Badan Riset dan Inovasi Daerah

FGD Eksisting SPBE Dalam Penyusunan Arsitektur dan Peta Rencana SPBE Tahun 2024-2028

Admin brida | 17 April 2023 | 322 kali

Senin, 17 April 2023 bertempat di Ruang Ganesha 3, Gedung Rektorat Lantai 3 Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, dilakukan Focus Group Discussion (FGD) tentang Kondisi Eksisting Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) Pemerintah Kabupaten Buleleng dalam Penyusunan Arsitektur dan Peta Rencana SPBE Tahun 2024-2028.

 

FGD dibuka Kepala Balitbang Inovda Kabupaten Buleleng, Drs. Made Supartawan, M.M., yang menyampaikan bahwa pada tahap ini merupakan penyajian data-data actual, yang didapat dari pengumpulan data yang sudah dilakukan oleh tim peneliti Undiksha. Dokumen Arsitektur dan Peta Rencana SBPE mainholenya bukan peningkatan indeks SPBE, namun ke depan agar teknologi informasi bisa menjadi pondasi yang kuat dalam melaksanakan tupoksi, sehingga bisa memberikan pelayanan publik yang berkualitas.

 

Selanjutnya dilakukan pemaparan oleh Ketua Tim Pelaksana, Prof. Dr. Gede Rasben Dantes, S.T., M.T.I., didampingi Sekretaris Tim Pelaksana, I Made Ardwi Pradnyana, S.T., M.T., dan I Ketut Resika Arthana, S.T., M.Kom. Dalam paparannya disampaikan beberapa kondisi aktual pada masing-masing domain SPBE, yaitu pada domain aplikasi, domain data dan informasi, domain infrastruktur, domain keamanan, dan domain layanan. Kebutuhan data lebih lanjut akan dilakukan penelusuran data-data kembali dan wawancara ke Perangkat Daerah terkait.


Pada tahap diskusi disampaikan beberapa klarifikasi data-data yang dipaparkan serta masukan-masukan yang diberikan oleh peserta rapat untuk penyempurnaan penyusunan dokumen Arsitketur dan Peta Rencana SPBE Kabupaten Buleleng. Kepala Balitbang Inovda menyampaikan terima kasih kepada tim peneliti Undiksha dan peserta rapat atas dukungan dalam penggalian data, demi kesempurnaan kajian ini. #Anw.