(0362) 27719
brida@bulelengkab.go.id
Badan Riset dan Inovasi Daerah

Refleksi Inovasi Pelayanan Publik Nasional di Kabupaten Buleleng

Admin brida | 19 September 2023 | 506 kali

Selasa, 19 September 2023, bertempat di Bagian Organisasi Setda Kabupaten Buleleng, dilaksanakan Desk Pemutakhiran Data Inovasi Pelayanan Publik Informasi Umum dan Status Keberlanjutan Inovasi. Selain itu juga dalam rangka menindaklanjuti hasil pertemuan di Makasar pada 12 September 2023 tentang FGD Validasi Pemutakhiran Data Inovasi dan Refleksi Pembina Inovasi Pelayanan Publik.

 

Inovasi pelayanan publik pada hakikatnya adalah pengetahuan, sebuah know-how dalam penyelenggaraan pelayanan publik yang harus dikelola dengan baik, agar dapat menjadi pembelajaran. Pengetahuan ini sangat bermanfaat untuk menunjang proses pembinaan inovasi pelayanan publik untuk mempertahankan pengetahuan inovasi yang sudah ada, memicu munculnya ide kreatif baru, dan menyebarluaskan praktik yang sudah ada. Dalam hal ini, diperlukan sebuah knowledge management system inovasi pelayanan publik nasional.

 

Merespon kebutuhan tersebut Kementerian PANRB membangun suatu portal knowledge management system (KMS) Jaringan Inovasi Pelayanan Publik Nasional (JIPPNas). Sebagai KMS, web JIPPNas didedikasikan untuk memfasilitasi kolaborasi dan knowledge sharing inovasi pelayanan publik di Indonesia antara pemerintah, masyarakat, akademisi, dan sektor swasta. Berbagai fitur telah dikembangkan seperti direktori inovasi, profil inovasi, fitur replikasi inovasi, berita, dan peta sebaran inovasi pelayanan publik.


Dengan beragam fitur yang dikembangkan, diharapkan web JIPPNas ini dapat mendorong serta meningkatkan penciptaan dan pengembangan inovasi oleh penyelenggara pelayanan publik, menjadi upaya untuk menumbuhkan model pelayanan publik baru serta memberikan informasi kepada masyarakat terkait praktik inovasi pelayanan publik yang ada di Indonesia. #Wck.