(0362) 27719
brida@bulelengkab.go.id
Badan Riset dan Inovasi Daerah

Forum Konsultasi Publik Menuju Pelayanan Prima

Admin brida | 17 Oktober 2023 | 532 kali

Selasa, 17 Oktober 2023, Kepala Badan Penelitian, Pengembangan dan Inovasi Daerah Kabupaten Buleleng, Made Supartawan beserta satu orang staf menghadiri undangan Forum Konsultasi Publik tentang Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik Pemerintah Kabupaten Buleleng di Ruang Rapat Unit IV Kantor Bupati Buleleng.

Acara diselenggarakan oleh Bagian Organisasi Setda Kabupaten Buleleng, dengan dipimpin langsung Sekretaris Daerah, Gede Suyasa dan dihadiri oleh para Pimpinan OPD Kabupaten Buleleng beserta staf. Sekretaris Daerah menekankan pentingnya pelayanan publik yang berkualitas dan memastikan bahwa pemerintahan adalah "public service".

Dalam pernyataannya, Suyasa menggarisbawahi bahwa semua keluaran produk pemerintah harus diarahkan untuk kepentingan masyarakat. Kepuasan publik menjadi indikator utama dalam menilai apakah perangkat daerah telah menjalankan fungsinya dengan baik.

Di tempat yang sama, Kepala Ombudsman RI Perwakilan Provinsi Bali, Ni Nyoman Sri Widhianti menyampaikan komitmennya untuk terus meningkatkan pelayanan publik melalui penilaian pada seluruh instrumen pelayanan publik pemerintah. Widhianti juga mengingatkan pentingnya berpegang pada Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 terkait pelayanan publik. Pelayanan publik ruang lingkupnya sangat luas, meliputi pelayanan barang, jasa, dan administrasi. "Semua harus berjalan sesuai dengan standar pelayanan yang tertuang pada Undang-Undang tersebut", tegasnya. Widhianti berharap kedepannya pelayanan publik meningkat kearah yang lebih baik dan bisa melebihi dari standar pelayanan yang ditetapkan atau disebut pelayanan prima.

Pemerintah Kabupaten Buleleng dan Ombudsman RI Provinsi Bali sepakat untuk terus bekerja sama dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik melalui penandatanganan komitmen bersama. #Dsk.