(0362) 27719
brida@bulelengkab.go.id
Badan Riset dan Inovasi Daerah

BALITBANG SURVEY KE PURI KANGINAN BERSAMA TENAGA AHLI

Admin brida | 25 Mei 2021 | 457 kali

Survey ini dalam rangka pelaksanaan Kajian Strategis Pengembangan dan Tata Kelola Kepariwisataan Kota Singaraja.  Survey hari ini (25/5), Balitbang Buleleng didampingi Tenaga Ahli dari Undiksha Singaraja (Indah Rahmawati M.Bis.,Ph.D.), dengan diterima oleh pengelingsir Puri Kanginan (Anak Agung Ngurah Pajar). Pada kesempatan ini, tenaga ahli mengajukan beberapa pertanyaan, diantaranya terkait asset yang dimiliki puri, pendapat puri terhadap wacana pengembangan kepariwisataan Kota Singaraja, kelemahan apa yang dimiliki Puri, dan harapan Puri kedepannya.

 

Pengelingsir Puri Kanginan menanggapi bahwa aset yang dimiliki puri adalah warisan budaya, warisan bangunan, warisan sejarah, warisan lahan seluas 1 hektar yang terdiri dari 3 mandala. (bencingah, Jaba tengah, dan Jeroan). Pihak puri setuju ada upaya pengembangan kota Singaraja sebagai wisata heritage yang pengelolaannya bersama-sama dengan Pemda Kabupaten Buleleng.

 

Beberapa hal yang menjadi kelemahan puri saat ini, yaitu terdapat bagian bangunan yang rusak dan perlu perbaikan, seperti kori ancak saji, bale pepelik, dan kori agung. Selain itu, tidak ada guide lokal yang memahami secara benar isi dari puri, serta tidak ada yang memasarkan dan mengelola wisata puri dengan baik. Besar harapan pihak puri agar mendapat perhatian dari Pemda untuk bersama sama memanfaatkan warisan leluhur ini, untuk kemajuan Kabupaten Buleleng, sebab puri adalah milik masyarakat Buleleng. (Arsudipta/Balitbang/21).