(0362) 27719
brida@bulelengkab.go.id
Badan Riset dan Inovasi Daerah

Realisasi Kinerja Balitbang Inovda Sampai Triwulan II Proporsional

Admin brida | 06 September 2023 | 514 kali

Evaluasi capaian kinerja Badan Penelitian, Pengembangan dan Inovasi Daerah (Balitbang Inovda) Kabupaten Buleleng sampai dengan bulan September, mencapai  51,37% atau sekitar 4 miliar rupiah lebih dari total anggaran 7 miliar rupiah lebih. Sementara untuk realisasi fisik telah mencapai 62,87 %, menyangkut 9 kegiatan dan 29 sub kegiatan. Realisasi sebenarnya bisa lebih besar, namun ada beberapa kegiatan yang belum bisa direalisasikan karena menyangkut masalah teknis. Hal itu disampaikan Perencana, Yuni Totaliana, S.P., pada rapat evaluasi kinerja Balitbang Inovda hari ini (6/9) di ruang rapat Kepala Badan.

 

Kepala Balitbang Inovda, Drs. Made Supartawan, M.M., dihadapan seluruh pejabat struktural dan fungsional menegaskan menyangkut SPJ kegiatan perjalanan dinas, agar lebih diperhatikan kesesuaian dengan ketentuan agar tidak menjadi temuan. Kegiatan yang belum terlaksana, menurut Supartawan agar dirancang dan direncanakan sesuai dengan program kegiatan yang ada. Ini untuk mengurangi hal-hal yang tidak diinginkan dalam pemeriksaan, ungkapnya dengan tegas.

 

Khusus di Bidang Inovasi dan Teknologi, Supartawan mengharapkan untuk anggaran perubahan agar dibuat rancangan yang matang, terutama fokus pada data inovasi di masyarakat sekaligus melakukan pembinaan dan sosialisasi agar sesuai dengan IGA, dan data Hak Kekayaan Intelektual (HKI). Menyangkut HKI, agar lebih intensif melakukan pendataan, terutama menyangkut Ekspresi Budaya Tradisional (EBT), dan Pengetahuan tradisional (PT)  yang lebih cepat proses penerbitan Sertifikat HKI-nya.


Untuk tahun 2024 agar dirancang kegiatan Lomba Inovasi dan Lomba Karya Ilmiah,  yang melibatkan pelajar SMA/SMK, perguruan tinggi dan umum. Di akhir rapat, Supartawan juga menegaskan untuk selalu mengingatkan pembinaan disiplin pegawai, sesuai dengan ketentuan dan komitmen lembaga. #Roy.