(0362) 27719
brida@bulelengkab.go.id
Badan Riset dan Inovasi Daerah

Persiapan Teknis Pelaksanaan IPKD 2023

Admin brida | 12 Mei 2023 | 547 kali

Jumat, 12 Mei 2023, Balitbang Inovda Buleleng yang diwakili Analis Kebijakan, Made Anik Widyastuti, S.T., M.M., melakukan koordinasi pelaksanaan dan persiapan penginputan Indeks Pengelolaan Keuangan Daerah (IPKD) Kabupaten Buleleng Tahun 2023, ke BRIDA Provinsi Bali.

Koordinasi diterima oleh Analis Kebijakan Ahli Muda, Ira Damayanti, S.H., M.H. Beberapa hal yang dikoordinasikan yaitu terkait waktu penginputan IPKD Tahun 2023, dan indikator dalam dimensi 3 hasil pengukuran IPKD Tahun 2022, karena hasil penilaian dimensi 3 IPKD Tahun 2022 ditemukan beberapa data sudah diinput namun keteraksesannya nol. Hal ini kemungkinan karena pada saat penilaian, website OPD down, sehingga data tidak bisa diakses pada saat penilaian.

Untuk ke depan, Ira menekankan agar website Pemkab/OPD tidak down dalam penilaian, sehingga data bisa diakses. Data dimensi 3 bisa ditempatkan dalam website Pemkab seperti yang sudah Provinsi Bali lakukan. Terkait dimensi  3 bisa langsung berkoordinasi dengan Tim IPKD dimensi 3 dari Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Provinsi Bali. Ira juga menyampaikan akan ada FGD terkait IKKD, IPKD, dan IGA sekitar tanggal 30 Mei 2023, yang akan mengundang semua kabupaten/kota di Bali.

Terkait waktu penginputan belum ada surat resmi dari pusat, namun diperkirakan sekitar bulan Juni, untuk kepastiannya akan diifo melalui surat resmi. Kabupaten juga dapat meminta pendampingan dari provinsi dalam melakukan verifikasi data sebelum dilakukan penilaian. Dalam koordinasi ini juga diserahkan SK Tim Pengukuran IPKD Kabupaten Buleleng Tahun 2023. #Anw.