(0362) 27719
brida@bulelengkab.go.id
Badan Riset dan Inovasi Daerah

Konsep Pariwisata Hijau di Bendungan Tamblang dan Bendungan Sidan

Admin brida | 25 Agustus 2023 | 519 kali

Jumat, 25 Agustus 2023 bertempat di Ruang Rapat Cempaka Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Provinsi Bali, Analis Kebijakan Ahli Muda Balitbang Inovda Buleleng, Made Sumbertiasih, S.E., M.M., menghadiri Focus Group Discussion (FGD) ke 3 Pembahasan Laporan Akhir Kajian Pemanfaatan dan Tata Kelola Energi Baru Terbarukan dalam Mendukung Konsep Pariwisata Hijau di Bendungan Tamblang dan Bendungan Sidan.

FGD dipimpin oleh Kepala BRIDA Provinsi Bali, Ir. I Made Gunaja, M.Si. Dalam arahannya disampaikan bahwa FGD ke 3 merupakan lanjutan dari rapat yang dilakukan sebelumnya, dan peserta diharapkan memberikan saran masukan agar kajian ini dapat bermanfaat. Pada acara hadir secara langsung Kepala Bappeda Propinsi Bali, Perangkat Daerah terkait di Provinsi Bali, Balitbang Inovda Buleleng, BRIDA Badung, Gianyar dan Bangli, Dirut PT. PLN, BWS Bali Penida, serta tim penyelenggara swakelola.

Sebelum pemaparan kajian, terlebih dahulu diawali dengan penyampaian pandangan narasumber, Prof. Dr. Ni Luh Putu Wiagustini, S.E., M.Si., dari sisi ekonomi dan pariwisata terhadap kajian ini. Selanjutnya dilakukan pemaparan laporan akhir oleh Ketua Tim Peneliti, Ir. Agus Putu Abiyasa, M.Eng., Ph.D.

Hasil akhir dari kajian ini, dapat disimpulkan bahwa berdasarkan hasil dan analisa rekomendasi tata kelola, manajemen dan kerjasama pengelolaan yang berperan adalah Pemerintah Pusat, Propinsi dan Kabupaten, namun tidak dijelaskan secara rinci karena masih perlu  pembahasan kajian lebih lanjut. #Sbt.