(0362) 27719
brida@bulelengkab.go.id
Badan Riset dan Inovasi Daerah

Jurnal Kelitbangan Saraswati perlu sistem yang sederhana dan mudah diakses

Admin brida | 28 Mei 2024 | 985 kali

Jurnal Kelitbangan Saraswati Volume 3 Nomor 1 Tahun 2024 Balitbang Inovda Kabupaten Buleleng  akan terbit bulan Juni dengan 5 artikel Kelitbangan. Artikel tersebut terdiri dari Penyusunan Naskah Akademik Rancangan Peraturan Daerah tentang Penyelenggaraan Sistem Drainase Kabupaten Buleleng, Arsitektur dan Peta Rencana SPBE Tahun 2024-2028, Analisa Peningkatan Pendapatan Asli Daerah melalui Pajak Bumi dan Bangunan di Kabupaten Buleleng, Naskah Akademik Rancangan Peraturan Daerah tentang Penanggulangan Bencana, dan Strategi  Kebijakan Penanggulangan Stunting melalui Pendekatan Holistik dan Terintegrasi di Kabupaten Buleleng.

 

Hal itu disampaikan Kepala Bidang Inovasi dan Teknologi Balitbang Inovda Made Mira Tri Yulia Ida Justisiana, pada rapat Tim Jurnal Kabupaten Buleleng di Ruang pertemuan kantor setempat. Mira yang juga sebagai editor menjelaskan untuk time line jurnal edisi Juni 2024 diberikan batasan waktu selama satu minggu untuk Tim editor, dan satu minggu untuk Mitra Bestari, sehingga akhir bulan Juni sudah bisa diselesaikan dan diupload.

 

Sementara menurut Analis Kebijakan Gede Suardika yang menangani Jurnal Kelitbangan, mengatakan kendala yang muncul selama ini dalam upload materi adalah pada aplikasi yang mengalami gangguan, sehingga terpaksa proses dilaksanakan secara manual. Selain itu, sebagai persyaratan dalam proses akreditasi kejurnalan selama ini, harus memenuhi persyaratan Digital Object Identifier (DOI) terhadap semua artikel yang ada. Oleh karena itu, Balitbang Inovda masih melakukan koordinasi untuk pengadaan DOI ini.

 

Sementara Mitra Bestari Prof. Dr. I Dewa Ketut Sastrawidana menyampaikan yang perlu mendapat perhatian dalam kejurnalan ini adalah kemudahan akses atau melakukan submit  oleh autor, untuk upload materi ke jurnal yang akan diterbitkan. Dengan demikian menurutnya akan memberikan daya tarik bagi penulis atau autor untuk berkontribusi ke dalam jurnal ini.

 

Beberapa masukan untuk segera dilakukan penyempurnaan jurnal disampaikan Ida Bagus Putu Eka Suadnyana dari STAHN Mpu Kuturan Singaraja. Mitra Bestari Ketut Suparta dan Puti Ary Sri Tjahyanti mengarah kepada penyempurnaan tampilan dan pengadaan DOI, sehingga Jurnal Saraswati lebih menarik.

 

Untuk terbitan bulan Desember, diharapkan kepada Analis Kebijakan sebagai kontributor artikel agar bisa lebih awal upload materi melalui aplikasi OJS dengan melakukan submit pada aplikasi, sehingga lebih awal juga diketahui oleh pihak penyunting atau editor. #Roy.