(0362) 27719
brida@bulelengkab.go.id
Badan Riset dan Inovasi Daerah

Pembahasan Laporan Akhir Kajian Pengembangan Kebijakan Digitalisasi UMKM di Buleleng

Admin brida | 12 Desember 2022 | 186 kali

Senin, 12 Desember 2022 Badan Penelitian, Pengembangan dan Inovasi Daerah (Balitbang Inovda) Kabupaten Buleleng melaksanakan Pembahasan Laporan Akhir Kajian Pengembangan Kebijakan Digitalisasi UMKM di Kabupaten Buleleng. Acara dipimpin oleh bapak Sekretaris Balitbang Inovda, Made Suharta, S.Kom.,M.A.P., dan dihadiri oleh tim tenaga ahli dari Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, yaitu Dr. I Nengah Suastika, M.Pd., Dr. I Nengah Suarmanayasa, S.E.,M.Si, A.A. Istri Dewi Adhi Utami, S.Pd.,M.Pd, dan I Wayan Budiarta, S.Pd, M.Pd. Hadir pula perwakilan dari Bappeda, Dagperinkop UKM, Camat se-Kabupaten Buleleng, Kepala Bidang Ekbang serta peneliti ahli muda Bidang Ekbang Balitbang Inovda.

Maksud dan tujuan dilaksanakannya rapat adalah untuk menjaring masukan dan saran dari peserta rapat untuk penyempurnaan saran/rekomendasi dalam kajian. Paparan dilakukan oleh Dr. I Nengah Suarmanayasa dan Dr. I Nengah Suastika. Kajian ini membahas 4 aspek, yaitu profil usaha dan kemasan produk yang relevan dengan kebutuhan UMKM, digitalisasi yang relevan dengan kebutuhan pelaku UMKM, keterampilan IT yang dibutuhkan oleh pelaku UMKM dan pemasaran yang tepat.
 
Rekomendasi dituangkan dalam bentuk rencana tindaklanjut yang secara umum dapat disimpulkan bahwa pelaku UMKM di Kabupaten Buleleng perlu mendapat pelatihan mengenai 4 aspek di atas, yang diklasifikasikan berdasarkan umur dan pendidikannya, sehingga pelatihan yang diberikan tepat sasaran. (#Eka).