(0362) 27719
brida@bulelengkab.go.id
Badan Riset dan Inovasi Daerah

Mengenal Anggur Laut dan Dessert Wine Buleleng

Admin brida | 24 Juli 2024 | 1010 kali

BULELENG, Badan Riset dan Inovasi Daerah Kabupaten Buleleng dipimpin Kepala Badan Drs. Made Supartawan, M.M., bersama Tim Juri dari Undiksha dan Unipas Singaraja kembali melanjutkan penilaian untuk mendapatkan inovasi 3 besar terbaik pada ajang Lomba Kreasi Inovasi Daerah tahun 2024.

Adapun inovasi yang dikunjungi hari ini, Rabu (24/7) adalah Budidaya Anggur Laut di Desa Musi Kecamatan Gerokgak, dan Buleleng Dessert Wine di Desa Pengastulan Kecamatan Seririt. Pada kunjungan ini turut didampingi oleh aparat desa dan Camat setempat.

Menurut inovator, budidaya anggur laut (Caulerpa Lentilifera) merupakan cara yang dapat dilakukan untuk memastikan ketersediaan dan jumlah anggur laut, sehingga dapat dimanfaatkan oleh masyarakat secara berkelanjutan. Kualitas air yang baik harus memenuhi syarat yang layak atau sesuai dengan kebutuhan organisme. Air yang digunakan dapat membuat tumbuhan alga dapat bertahan hidup dan melakukan pertumbuhan didalamnya.

Anggur laut sebenarnya tergolong makanan yang unik. Komoditas ini kerap dikonsumsi masyarakat di Okinawa, Jepang. Bahkan di Jepang, komoditas ini hanya banyak ditemukan di sekitar Okinawa. Konon anggur laut merupakan salah satu resep masyarakat setempat agar awet muda. Selama ini orang Okinawa dikenal sebagai orang yang “lupa mati”, sebab rata-rata masyarakat disana masih terlihat fit pada usia 90 tahun.

Selanjutnya inovasi yang dikunjungi adalah Buleleng Dessert Wine yang diproduksi dari buah anggur berkualitas tinggi. Salah satu pemuda Buleleng kini menghadirkan inovasi olahan anggur yang tak hanya lezat, tetapi juga kaya manfaat kesehatan. Bulde Wine atau Buleleng Dessert Wine hadir sebagai minuman istimewa yang memanjakan lidah dan menyehatkan tubuh. Lebih dari sekadar kesegaran dan sensasi rasa yang menggoda, Bulde Wine menawarkan segudang manfaat kesehatan.

Teruji klinis, minuman ini kaya akan antioksidan dan enam senyawa fenolkarboksilat alami yang berperan sebagai obat maag, diabetes, anti penuaan dini, antidepresi, serta meningkatkan imunitas tubuh. Kandungan antioksidannyapun mampu mencegah kanker.

Berawal dari kepedulian, di bawah bendera CV Pionir Akselerasi Sejahtera didirikan pada tahun 2022. Berkolaborasi dengan Pemerintah Kabupaten Buleleng melalui Dinas Perdagangan, Perindustrian, Koperasi, dan Usaha Kecil Menengah serta akademisi dari Jurusan Kimia Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) Singaraja, mereka memiliki misi mulia untuk membantu petani anggur yang mengalami surplus panen. #Wck.