(0362) 27719
brida@bulelengkab.go.id
Badan Riset dan Inovasi Daerah

Komuditas Unggulan Buleleng Diperiksa BPK

Admin brida | 23 Oktober 2023 | 670 kali

Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Wilayah Bali hari ini, Senin (23/10) melakukan Pemeriksaan Kinerja atas upaya Pemerintah Daerah Buleleng dalam pengembangan sektor unggulan. Tim BPK langsung diterima Kepala Badan Penelitian, Pengembangan dan Inovasi Daerah (Balitbang Inovda) Kabupaten Buleleng, Drs. Made Supartawan, M.M., didampingi Kabid Ekonomi dan Pembangunan, I Gusti Ngurah Purnawirawan, M.E., dan Analis Kebijakan  Sub Bidang Diseminasi Kelitbangan dan Fasilitasi Kekayaan Intelektual (KI).

 

Menurut perwakilan BPK wilayah Bali, Ni Luh Putu Wahyuliasri, tujuan pemeriksaan ke Balitbang Inovda dalam rangka melakukan koordinasi terkait pengembangan sektor unggulan Kabupaten Buleleng, yakni komunitas kopi. Pengembangan tersebut menyangkut strategi pengembangan sektor unggulan dari hulu hingga hilir. Terhadap peranan Balitbang Inovda, Wahyuliasri yang didampingi Andraina Annas, banyak menanyakan sejauh mana kajian atau penelitian yang telah dilakukan Pemkab Buleleng terhadap pengembangan produk kopi. Sebagai sektor unggulan, ia mengharapkan kajian dan penelitian dilaksanakan secara maksimal agar menjadi produk unggulan yang mampu meningkatkan ekonomi daerah.

 

Beberapa data yang diminta oleh BPK terhadap sektor unggulan kopi, diantaranya proposal kajian kerjasama dengan pihak Universitas Panji Sakti Singaraja dan beberapa hasil diskusi dengan tenaga ahli Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksa) Singaraja.

 

Sementara itu, Kepala Balitbang Inovda menjelaskan bahwa kajian atau penelitian yang fokus pada sektor kopi memang belum pernah dilakukan. Akan tetapi berbagai kegiatan yang arahnya pengembangan kopi termasuk pelatihan barista dan diskusi dengan tenaga ahli sudah sering dilakukan. Bahkan kajian secara umum dalam pengembangan kopi secara hilirisasi juga sedang tahap proses perencanaan kajian.


Selain komunitas kopi, Kabupaten Buleleng juga bisa menjadikan komuditas lain menjadi unggulan, seperti mangga dan kelapa yang memang potensinya sangat besar. #Roy.