(0362) 27719
brida@bulelengkab.go.id
Badan Riset dan Inovasi Daerah

MIPC Diharapkan Mampu tingkatkan Geliat UMKM Buleleng

Admin brida | 14 Juni 2024 | 1169 kali

Mobile Intelektual Property Clinic (MIPC) Kemenkumham Bali yang akan berlangsung di Buleleng selama tiga hari dari tanggal 19 sampai 21 Juni, diharapkan mampu meningkatkan geliat UMKM di Kabupaten Buleleng. Sekitar 40 UMKM masyarakat Buleleng akan mengikuti kegiatan ini dengan menampilkan berbagai produk, baik kuliner maupun usaha lain yang menjadi ciri khas Kabupaten Buleleng.

 

Selain itu, selama tiga hari pelaksanaan MIPC di samping akan dilaksanakan pameran UMKM, juga edukasi dan fasilitasi Hak Kekayaan Intelektual serta pelayanan Hukum lainnya, seperti pembuatan paspor, pelayanan kewarganegaraan dan lain sebagainya.

 

Hal ini terungkap dalam rapat koordinasi finalisasi kegiatan MIPC  yang dipimpin Kepala Badan Penelitian, Pengembangan dan Inovasi Daerah (Balitbang Inovda) Kabupaten Buleleng Drs. Made Supartawan, M.M., didampingi Plt. Asisten I Setda Kabupaten Buleleng di Ruang Pertemuan Rumah Jabatan Bupati Buleleng, Kamis (13/6).  Supartawan menjelaskan berbagai persiapan pelaksanaan MIPC mulai dari layout dan rundawn acara, pengisi acara, hingga proses pengamanan dan teknis acara.

 

Rapat yang dihadiri seluruh perangkat derah terkait, menyatakan sangat mendukung demi suksesnya pelaksanaan MIPC di Kabupaten Buleleng sebagai kegiatan upaya perlindungan hukum Kekayaan Intelektual dan meningkatkan ekonomi masyarakat.

 

Potensi kekayaan intelektual yang akan dipentaskan untuk mengisi acara MIPC berupa ekspresi budaya tradisional, seperti Tari Pancasila dan Tari Teruna Jaya.  Untuk jenis kuliner akan ditampilkan kuliner khas Buleleng, seperti Blayag Pengelatan, Siobak Buleleng, dan Bubuh Mengguh Tejakula serta jenis kuliner khas Buleleng lainnya. Sementara untuk pementasan musik guna menghibur masyarakat akan menampilkan grup musik Mutifora, Lolot dan DJ. Mahesa.


Kepala Dinas Perdagangan, Perindustrian, Koperasi  dan UKM, Dewa Sudiartha memberikan apresiasi dilaksanakannya kegiatan yang melibatkan UMKM di Kabupaten Buleleng di tengah program dan upaya UMKM naik kelas. Demikian juga Kepala Devisi Layanan Hukum Kemenkumham Bali Alexander Palti, menyatakan sangat apresiatif terhadap kesiapan Kabupaten Buleleng menjadi tuan rumah pelaksanaan MIPC. Ia mengharapkan kegiatan dapat berlangsung dengan lancar dan meriah, sekaligus semakin banyak masyarakat yang akan melakukan konsultasi dan pendaftaran Hak Kekayaan Intelektualnya. #Roy.