(0362) 27719
brida@bulelengkab.go.id
Badan Riset dan Inovasi Daerah

Konsultasi Publik Rencana Penanggulangan Bencana Buleleng 2023-2027

Admin brida | 26 Juli 2023 | 365 kali

Rabu, 26 Juli 2023 dilaksanakan Pembahasan dan Konsultasi Publik Laporan Akhir Penyusunan Dokumen Rencana Penanggulangan Bencana Kabupaten Buleleng Tahun 2023-2027, di Gedung Buleleng Tourism Information Centre, Pantai Penimbangan, Desa Baktiseraga. Acara dipimpin oleh Kabid Rehabilitasi dan Rekontruksi BPBD Buleleng, I Gusti Suryadarma, ST. Narasumber dalam kegiatan, yaitu I Wayan Krisna Eka Putra, S.Pd., M.Eng., selaku tenaga ahli Konsultan CV. Yogawidya Sarana Design.

 

Krisna Eka Putra dalam paparannya, menyampaikan RPB merupakan perencanaan/kerangka kerja yang memuat kebijakan, strategi, dan pilihan tindakan untuk pengurangan risiko bencana pada setiap tahapan dalam siklus bencana (pra, saat, pasca). Prioritas Bencana yang ditangani di  Buleleng, yaitu untuk bencana Banjir, Tanah Longsor, Gempa Bumi, Tsunami, Kekeringan, dan Konflik Sosial.

 

Masalah Pokok Penanggulangan Bencana di Kabupaten Buleleng, yaitu 1) Ancaman bencana yang beragam dengan intensitas kejadian bencana yang cenderung mengalami peningkatan tidak terlepas dari kondisi demografis, klimatogis, topografi, geografis, dan geologis serta berbagai aktivitas masyarakat yang tidak memperhatikan keberlanjutan lingkungan; 2) Kerentanan wilayah Kabupaten Buleleng dalam menghadapi berbagai jenis ancaman secara umum masih dalam kategori tinggi; dan 3) Kapasitas wilayah Kabupaten Buleleng dalam menghadapi berbagai jenis ancaman secara umum masih dalam kategori sedang. Pada sesi diskusi, terdapat masukan atas laporan akhir yang telah disusun.


Dalam acara ini, hadir Balitbang Inovda Kabupaten Buleleng yang diwakili oleh Putu Sucika, S.Sos., selaku Analis Desa dan Kelurahan, serta dihadiri pula oleh OPD dan Instansi terkait seperti BPBD Provinsi Bali, Polres Buleleng, Kodim 1609 Buleleng, BPS Kabupaten Buleleng, Dinas PUTR, Disperkimta, Dinsos, Dinkes, DLH, Diskominfosanti, Damkar, Dishub, Disdikpora, Distan, Disdagperinkop UKM, Satpol PP, Bappeda, BPKPD, Badan Kesbangpol, Bagian Ekbang Setda, Bagian Hukum Setda, Unipas, Undiksha, PMI, Forum PRB Buleleng, PWI, PHRI dan Gapensi Buleleng, Camat se-Kabupaten Buleleng, Forkomdes Kabupaten Buleleng, Forkomdes Kecamatan se-Kabupaten Buleleng, Forum PRB Propinsi Bali dan Siap Siaga Bali. #Sck.