(0362) 27719
brida@bulelengkab.go.id
Badan Riset dan Inovasi Daerah

Balitbang Inovda Verifikasi Inovasi Perangkat Daerah

Admin brida | 01 Februari 2023 | 332 kali

Rabu, 2 Januari 2023, dalam rangka Verifikasi Inovasi Daerah, Analis Kebijakan Ahli Muda Balitbang Inovda Buleleng, I Putu Adhy Wicaksana Indra Saputra, S.Kom.,M.Kom., melaksanakan koordinasi terkait keberlanjutan inovasi yang telah diterapkan, sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 38 tahun 2017 tentang Inovasi Daerah. Sehubungan dengan hal tersebut untuk memastikan agar inovasi bisa dilaksanakan dengan baik dan bisa dipertanggungjawabkan, sesuai dengan hal tersebut disarankan agar inovator menyusun Peraturan Bupati tentang inovasi yang mereka miliki, sehingga ada kebijakan tertulis untuk melaksanakan inovasi. Selain itu sebagai persyaratan dari Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia untuk mendapatkan nilai yang lebih optimal.

 

Sesuai dengan Keputusan Menteri Dalam Negeri Nomor 400.10.11-6301.A Tahun 2022 tentang Indeks Inovasi Daerah Provinsi, Kabupaten, dan kota Tahun 2022, Kabupaten Buleleng meraih Peringkat 130 dari seluruh kabupaten di Indonesia dengan skor 51,78 kategori inovatif. Dilihat dari tahun sebelumnya berdasarkan Keputusan Menteri Dalam Negeri Nomor 002.6-5948 tahun 2021 tentang Indeks Inovasi Daerah Provinsi, Kabupaten, dan Kota Tahun 2021, Kabupaten Buleleng meraih peringkat 158 dari seluruh kabupaten di Indonesia dengan skor 43,64 kategori inovatif. Kegiatan ini dilaksanakan dalam upaya meningkatkan kualitas inovasi di Tahun 2023.

 

Perangkat Daerah yang difasilitasi hari ini, diantaranya Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Buleleng merangcang inovasi Posko DO dalam upaya menyelamatkan generasi emas dimana inovasi ini merupakan sebuah program untuk menyelamatkan anak-anak yang rentan putus sekolah, karena masih adanya anak-anak yang rentan putus sekolah akibat faktor biaya serta akses untuk ke sekolah, membuat inovasi ini diterapkan agar mereka masih bisa mengenyam pendidikan.

 

Dinas Sosial dengan Inovasi Puskesos GCT (Gesit, Cepat, Tanggap) yang merupakan satu aplikasi terpadu kesejahteraan sosial masyarakat Buleleng. Aplikasi ini diluncurkan untuk memudahkan pengecekan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS). Selain itu, sebagai acuan kebijakan untuk peningkatan kesejahteraan sosial masyarakat. Aplikasi ini juga untuk memudahkan kerja pemerintah dalam penyaluran bantuan sosial di lapangan.

 

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Buleleng dengan inovasi Jayaprana dengan tujuan Terbangunnya database kependudukan Kabupaten Buleleng yang valid, up to date dan akurat. Dinas PUTR Kabupaten Buleleng dengan Inovasi Memanen Matahari yang merupakan Pemanfaatan energi bersih dan ramah lingkungan energi matahari melalui pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Atap On Grid untuk menggerakkan pompa air minum masyarakat perdesaan pada daerah kritis/rawan air. #Wck.