(0362) 27719
brida@bulelengkab.go.id
Badan Riset dan Inovasi Daerah

FGD Inovasi Daerah Dalam Pengelolaan Lingkungan Hidup

Admin brida | 04 Mei 2023 | 382 kali

Kamis, 4 Mei 2023 bertempat di Ruang Rapat Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Buleleng, dilaksanakan Focus Group Discussion (FGD) Inovasi Daerah dalam Pengelolaan Lingkungan Hidup.

Rapat dipimpin oleh Kepala Bidang Tata Lingkungan Dinas Lingkungan Hidup, Made Adiana, S.E., M.A.P. Hadir dalam kesempatan ini unsur dari Kantor Pertanahan, Dinas PUTR, Balitbang Inovda, Dinas Pertanian, DPMPD, Perumda Air Minum Tri Hita Bulelelng, BSI E-Darling, UNIPAS, Pokja Penyusunan IKPLHD Kabupaten Buleleng Tahun 2023. Dalam hal ini Balitbang Inovda diwakili oleh Kepala Bidang Inovasi dan Teknologi, Made Mira Tri Yulia Ida Justisiana, S.T., M.A.P.

Tujuan dilaksanakannya FGD adalah dalam rangka persiapan penyusunan Dokumen Informasi Kinerja Pengelolaan Lingkungan Hidup (DIKPLHD) Kabupaten Buleleng. Dokumen ini merupakan laporan status lingkungan hidup daerah sesuai amanat UU Nomor 32 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup. Penyusunan DIKPLHD dilakukan secara terpadu, terkoordinasi dan wajib dipublikasikan kepada masyarakat.

DIKPLHD Kabupaten Buleleng Tahun 2023 didalamnya memuat inovasi-inovasi yang dilakukan Kepala Daerah untuk meminimalisir dampak, dan tekanan isu Lingkungan Hidup di Kabupaten Buleleng pada tahun 2022. Dokumen tersebut selambatnya disampaikan ke pusat pada akhir Mei ini. Untuk itu kepada perangkat daerah terkait dimohon untuk bisa menyampaikan data inovasi yang dimiliki di tahun 2022 saja (inovasi terkait lingkungan hidup dengan issue persampahan, alih fungsi lahan dan pencemaran air) beserta data dukung yang diperlukan.

Balitbang Inovda selaku badan yang memfasilitasi inovasi milik Pemerintah Daerah, dimohon bantuannya untuk mengcroschek kembali inovasi-inovasi yang sekiranya belum masuk pada data yang telah disampaikan oleh DLH. #Mty.