(0362) 27719
brida@bulelengkab.go.id
Badan Riset dan Inovasi Daerah

Penganyar Ring Pura Ulun Danu Batur, Tangkil Juga Pamedek Dari India

Admin brida | 01 Oktober 2023 | 575 kali

Kabupaten Buleleng dan Jembrana mendapat undangan penganyar ke Pura Ulun Danu Batur di Desa Adat Songan Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli, Redite Kliwon Medangkungan, 1 Oktober 2023.

 

Penganyar serangkaian dengan Piodalan di Pura Ulun Danu Batur pada Purnama Sasih Kapat, dengan dipuput Ida Pandita Mpu Dwidaksanatha dari Griya Wanagiri Kusuma Margasengkala Kecamatan Blahbatuh, Kabupaten Gianyar, dan Ida pandita Mpu Istri Wija Daksa Manik Gni dari Griya Linggawana Banjar Penyabangan Kecamatan Payangan, Kabupaten Gianyar.

 

Menurut Ketua Panitia Piodalan, Gede Darmawa, SE., M.Si., Piodalan dilaksanakan dari tanggal 20 September hingga tanggal 6 Oktober sekaligus pamuput upacara Nganyut ke segara, Mapawilangan dan Maguru Piduka.

 

Pamedek katuran penganyar saking Kabupaten Buleleng diwakili Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Setda Kabupaten Buleleng, Nyoman Sukadani.

 

Pemandangan menarik disela-sela penganyar, tangkil juga rombongan pamedek berjumlah 30 orang dari India. Menurut salah satu wisatawan/pamedek India ketika ditanya, kehadirannya di Bali sudah hampir satu bulan untuk melakukan tirtayatra keseluruh Pura Sad Kahyangan di Bali. Ia menilai bahwa secara budaya dan religious, Bali dan India memiliki kesamaan, sehingga tahun ini warga India lebih cendrung berwisata sekaligus kunjungan spiritual ke Bali.


Menurut salah seorang pemandu wisata di Kintamani, sesuai informasi Dinas Pariwisata Propinsi Bali, warga India saat ini menempati urutan ke dua jumlah kunjungan wisata di Bali  setelah Australia. Ini merupakan kemajuan dunia pariwisata Bali setelah covid 19. #Roy.