(0362) 27719
brida@bulelengkab.go.id
Badan Riset dan Inovasi Daerah

Desa Celukan Bawang dan Bungkulan Sebagai Pre-Fasibility Study Pengembangan OTEC

Admin brida | 07 September 2023 | 670 kali

Kamis, 6 September 2023, bertempat di Kantor Bappeda Kabupaten Buleleng, Kepala Badan Penelitian, Pengembangan dan Inovasi Daerah Made Supartawan, bersama dengan Sekretaris Bappeda Gede Suartana dan jajaran, menerima kunjungan dari Pusat Riset Teknologi Hidrodinamika, BRIN, Dr. Ir. Erwandi, M.Eng, IPU dan Dr. aprijanto, S.T.,M.Si, IPU.

Adapun maksud dan tujuan kunjungan tersebut adalah dalam rangka koordinasi dan diskusi tentang kajian regulasi dan lingkungan pemanfaatan OTEC di Provinsi Bali.

Dr. Aprijanto menjelaskan bahwa BRIN bekerjasama dengan PLN melaksankanakan kegiatan riset Penelitian Berama Potensi Konversi Energi Perbedaan Suhu Lapisan Laut (Ocean Thermal Energy Conversion).  Lebih jauh dijelaskan bahwa OTEC adalah metode pemanfaatan perbedaan suhu antara permukaan air laut hangat dan kedalaman air laut dingin untuk menghasilkan energi listrik.

OTEC memiliki manfaat sebagai sumber energi terbarukan yang aman dan ramah lingkungan. Ke depan tentunya diharapkan OTEC dapat menyediakan pasokan listrik baseload yang stabil sepanjang waktu dan sangat penting di wilayah tropis dengan jaringan listrik terbatas, imbuhnya. Sebagai Pre-Fasibility Study Pengembangan OTEC akan dilakukan di Celukan Bawang dan Bungkulan. #Spw.