(0362) 27719
brida@bulelengkab.go.id
Badan Riset dan Inovasi Daerah

Hasil dan Evaluasi Penerapan E-Surat Pemkab Buleleng

Admin brida | 14 Juni 2024 | 979 kali

Kamis, 13 Juni 2024 Dinas Kominfosanti Buleleng melaksanakan Bimbingan Teknis Evaluasi Aplikasi E-Surat secara zoom meeting. Kegiatan dipimpin Kabid Persandian dan Statistik Dinas Kominfosanti Komang Ery Marta Pariarta, S.T., dan dihadiri langsung oleh Kepala Dinas Kominfosanti, Kepala Dinas Arsip dan Perpusatakaan Daerah, Bagian Organisasi Setda Buleleng, dan Bagian Umum Setda Buleleng.

 

Dalam acara itu, Ery Marta menyampaikan evaluasi penggunaan aplikasi e-surat, dimana transaksi dokumen seluruh pengguna E-Surat sebanyak 430.729 dokumen. Kendala yang sering terjadi seperti error yang menyebabkan maintenance service server client BSrE, sehingga dokumen yang diupload mengalami kerusakan. Kini beberapa instansi vertikal juga sudah difasilitasi, diantaranya  Polres Buleleng, Pengadilan Negeri Singaraja, Kodim 1609/Buleleng, Yonif 900 Raider, BPS Buleleng, BNN, Kantor Agraria, BPJS Kesehatan, BPJS Ketenaga Kerjaan, Koni, Bawaslu, BPOM, dan Kantor Pelabuhan Celukan Bawang.

 

Untuk Fitur Update E-Surat akan diupayakan pengiriman surat melalui e-mail yang saat ini masih dilakukan uji coba. Operator dapat menggunakan App Mobile dan penambahan fitur Tarik Rekapitulasi Data Surat Masuk di Akun Operator.


Terkait dengan Tata Naskah dan Persuratan disepakati dalam Penggunaan Kode Klasifikasi berpedoman sesuai dengan Peraturan Mentri Dalam Negeri Nomor 83 tahun 2022. Selain itu juga agar diperjelas maksud dan tujuannya untuk mempermudah dalam perekapan. Hal teknis lainnya agar berpedoman pada buku panduan yang sudah disediakan. #Arn.