(0362) 27719
brida@bulelengkab.go.id
Badan Riset dan Inovasi Daerah

BALITBANG BULELENG DISKUSI DAN EVALUASI KAJIAN 2021

Admin brida | 29 Maret 2021 | 357 kali

Kepala Badan Litbang dan Inovda Kabupaten Buleleng (dr. Gede Wiartana, M.Kes.) menegaskan, semua pejabat struktural mesti setiap hari harus tetap Fokus pada kegiatan harian, dengan melakukan evaluasi kegiatan staf. Laksanakan target dengan fokus pada tugas harian, pintanya dengan penuh harap. Lebih jauh Kepala Badan Litbang Inovda mengajak semua pihak untuk menciptakan progresif kegiatan, dan tugas masing-masing dengan mengutamakan tugas-tugas kelembagaan. Sebelum melaksanakan kegiatan lain yang bersifat pribadi, lakukan dulu kegiatan yang menjadi tugas pokok, tegasnya dihadapan pejabat struktural dilingkungan Balitbang Inovda pada rapat rutin mingguan di ruang pertemuan kantor setempat (29/3).

 

Berkaitan dengan akan dilaksanakanya Sensus Loka Semesta Berbasis Desa Adat, kepada Balitbang agar segera melakukan persiapan. Rapat persiapan sensus dan perencanaan kegiatan sensus akan dilaksanakan tanggal 1 April mendatang di Balitbang Kabupaten Buleleng yang akan dihadiri oleh Tim dari propinsi Bali. Segera lakukan persiapan segala sesuatunya untuk memfasilitasi rapat ini, harapnya dengan tegas.

 

Rapat yang langsung dipimpin Kaban Balitbang Inovda, didampingi Sekban Litbang dan Inovda (Made Suharta, S.Kom.,M.A.P.) sekaligus juga dilakukan laporan masing-masing kasubid terkait dengan progresif kegiatan yang dilaksanakan tahun 2021. Evaluasi kegiatan ini dimaksudkan untuk mengetahui hambatan atau kendala yang dihadapi, sehingga bisa secara bersama mencarikan jalan keluar dan kegiatan akan bisa sesuai dengan target. Terhadap beberapa kajian yang akan dilaksanakan tahun 2021, baik oleh bidang Sospem dan Ekbang sebaiknya sedini mungkin dilaksanakan persiapan, apalagi akan melibatkan pihak luar terutama menyangkut tenaga ahli. Lakukan jemput bola, jangan menunggu imbuhnya. Gunakan input data yang dibutuhkan dengan memanfaatkan sumber daya yang ada, termasuk buat sistem dengan mengunakan kecanggihan teknologi secara online, sehingga bisa lebih efektif dan efesien. Untuk bisa menguasai teknologi, menurut Kaban Litbang Inovda masing-masing pribadi harus mau belajar dan lakukan evaluasi diri untuk bisa meningkatkan kualitas diri.

 

Tentang kegiatan yang akan dilaksanakan tahun 2021,  Kabid Sospem (Ketut Ariawan, S.Sos.) memberikan tanggapan bahwa semua aktivitas kegiatan akan dilaksanakan mulai bulan April, sambil menunggu penetapan anggaran pergeseran dalam perubahan anggaran. Intinya menurut Ariawan, pihaknya sudah siap melakukan koordinasi dengan berbagai pihak terkait. Beberapa kegiatan yang dipangkas terutama menyambut kajian pemetaan rawan konflik di Buleleng usulan Badan Kesbangpol Kabupaten Buleleng, pihaknya menginginkan tetap untuk dilaksanakan pada kegiatan tahun mendatang. Hal senada disampaikan Kabid Ekbang (Gusti Ngurah Purnawirawan, S.E.,M.E.) pihaknya telah siap melakukan pelaksanaan kegiatan tahun 2021. (Roy Astika/Balitbang/21).