(0362) 27719
brida@bulelengkab.go.id
Badan Riset dan Inovasi Daerah

Satu Data Kemiskinan Buleleng Agar Bantuan Tepat Sasaran

Admin brida | 03 Juli 2024 | 1062 kali

Rabu, 3 Juli 2024 Badan Riset dan Inovasi Daerah (BRIDA) Kabupaten Buleleng melaksanakan rapat penyamaan persepsi dalam membuat satu data kemiskinan di Kabupaten Buleleng. Acara berlangsung di ruang rapat setempat dengan dipimpin oleh Kepala BRIDA Drs. Made Supartawan, M.M.

Acara dilaksanakan untuk menyamakan persepsi terkait data kemiskinan dan kriterianya untuk disinkronkan menjadi satu data kemiskinan. Terdapat berbagai macam data kemiskinan dari semua sektor, dan ketika ada bantuan/program terdapat kebingungan dalam penggunaan data kemiskinan, sehingga sering terjadi bantuan yang tidak tepat sasaran. Begitu juga kriteria yang digunakan dalam menetapkan penduduk/KK miskin berbeda-beda, sehingga masing-masing perangkat daerah memiliki data kemiskinan tersendiri. Melalui kegiatan ini harapannya data yang berbeda-beda bisa disinkronkan kemudian diverifikasi dan validasi.

Dalam penggunaan data kemiskinan tersebut, Perangkat Daerah menyesuaikan dengan  kebutuhan dan juknis penggunaan dana, karena tiap sasaran berbeda-beda. Data kemiskinan seperti P3KE berubah-ubah tiap tahun, sehingga  harus diverifikasi dan validasi.

Dalam rapat ini, masing-masing Perangkat Daerah yang hadir menyampaikan program yang dilaksanakan dalam penanggulangan kemiskinan serta jenis data dan sumber data yang digunakan.

Hadir dalam acara Kadis Sosial, Kadis Kominfosanti, Plt Kadis Kesehatan, perwakilan Bappeda, Dinas Perkimta, Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan, Dinas PMD, Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olah Raga, serta Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak. #Anw.