(0362) 27719
brida@bulelengkab.go.id
Badan Riset dan Inovasi Daerah

Monev Inovasi Perangkat Daerah Buleleng

Admin brida | 17 April 2023 | 298 kali

Senin 17 April 2023 Analis Kebijakan Bidang Inovasi dan Teknologi Balitbang Inovda Buleleng, I Gede Suardika, S.E., M.Pd., melaksanakan monev inovasi ke Disdikpora Kabupaten Buleleng. Monev diterima Perencana, Tedy Hariawan, S.I.Kom., M.A.P., yang menyampaikan bahwa inovasi yang dilaksanakan adalah Pos Komando Drop-Out (Posko-DO) Menyelamatkan Masa Depan Bangsa, dan telah terlaksana sejak tahun 2017.

 

Menurutnya tujuan dari inovasi ini adalah menekan angka putus sekolah dengan memastikan peserta didik yang lulus pada jenjang tertentu, dapat melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi, mencarikan solusi adanya anak yang akan putus sekolah, serta membentuk kebijakan untuk mengantisipasi peningkatan jumlah DO. Inovasi yang dilaksanakan Disdikpora telah dibuatkan draf perda untuk memperkuat inovasi tersebut.

 

Monev juga dilaksanakan ke Dinas Pertanian Kabupaten Buleleng, dengan diterima oleh  Kabid Kesehatan Hewan, Drh. Made Suparma. Inovasi yang dilaksanakan adalah SIPVARA (Sistem Pelayanan Vaksinasi Rabies). Menurutnya inovasi yang dilaksanakan bertujuan menurunkan kasus penyakit rabies, sehingga dapat terkendalinya penyakit rabies di Kabupaten Buleleng. Tenaga yang dilibatkan adalah tenaga medik veteriner di lingkup Dinas Pertanian beserta staf, dan juga Dinas Kesehatan serta instansi terkait lainya, sehingga dapat memberikan akses pelayanan yang prima, berkualitas dan terjangkau untuk semua lapisan masyarakat luas, baik di desa maupun di kota. #Igs.