(0362) 27719
brida@bulelengkab.go.id
Badan Riset dan Inovasi Daerah

BEBERAPA USAHA INDUSTRI BARU DI BULELENG SEJAK 2017

Admin brida | 16 Februari 2021 | 365 kali

Hasil kajian Balitbang Buleleng tahun 2020 berdampak positif untuk mengkaji dan memberikan solusi terhadap industri-industri yang berkembang di Buleleng. Beberapa industri barupun mulai berkembang, yang diantaranya sebagai berikut.

 

1. Industri Barang Dari Kulit Dan Kulit Buatan Untuk Keperluan Pribadi

Kelompok ini mencakup usaha pembuatan barang-barang dari kulit dan kulit buatan atau bahan lain seperti plastik, tekstil, serat yang divulkanisir atau paperboard untuk keperluan pribadi, seperti kopor, ransel, tas, dompet, kotak rias, sarung senjata, tempat kaca mata dan tali jam. Termasuk industri tali sepatu kulit.

 

2. Industri Barang Dari Logam Siap Pasang Untuk Konstruksi Lainnya

Kelompok ini mencakup usaha pembuatan barang-barang dari logam siap pasang untuk konstruksi yang belum tercakup dalam kelompok 25111 s.d. 25113. Kelompok 25111 adalah kelompok Industri Barang Dari Logam Bukan Aluminium Siap Pasang Untuk Bangunan. Kelompok 25112 adalah Industri Barang Dari Logam Aluminium Siap 25112 Pasang Untuk Bangunan. Kelompok 25113 adalah Industri Konstruksi Berat Siap Pasang Dari Baja Untuk Bangunan.

 

3. Industri Minuman Ringan

Subgolongan ini mencakup:

  1. Industri minuman ringan beraroma tanpa alkohol atau rasa manis, seperti lemonade, orangeade, cola, minuman buah, air tonik
  2. Industri minuman tidak beralkohol, kecuali bir dan anggur tanpa alkohol.

 

4. Industri Pengolahan Es Krim

Subgolongan ini mencakup :

  1. Industri pengolahan es krim
  2. Industri pengolahan lainnya yang dapat dimakan, seperti sorbet, es lilin, ice drop dan es dengan berbagai rasa lainnya.

 

5. Industri Pengolahan Herbal (Herb Infusion)

Kelompok ini mencakup usaha pengolahan herbal (mint, vervain, chamomil). Termasuk industri makanan suplemen dari herbal.

 

6. Industri Penyamakan Kulit

Kelompok ini mencakup usaha penyamakan kulit yang berasal dari ternak besar (sapi, kerbau), ternak kecil (domba, kambing), reptil (buaya, ular, biawak), ikan (ikan pari, hiu cucut, kakap, belut) dan hewan lainnya yang dimasak dengan chrome nabati, sintetis, samak minyak dan samak kombinasi menjadi kulit tersamak, seperti wet blue, crust, sol, vache raam, kulit box, kulit beludru, kulit gelase dan kulit hiasan, kulit berbulu, kulit laminasi, kulit patent, kulit jaket, kulit sarung tangan, kulit chamois dan lainnya. (Balitbang/21).