(0362) 27719
brida@bulelengkab.go.id
Badan Riset dan Inovasi Daerah

Publikasi Buleleng Dalam Angka 2025 dan Pemantapan Satu Data Buleleng

Admin brida | 12 September 2024 | 396 kali

BULELENG, Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Buleleng melaksanakan Focus Group Discussion (FGD) dalam rangka Pembinaan Statistik Sektoral dengan tema "Menuju Buleleng Berbangga Dalam Data",  Rabu (11/9) di Hotel Banyualit, Lovina.

 

FGD dibuka oleh Kepala BPS Buleleng, Made Bimbo Abdi Suardika yang diikuti oleh 46 peserta yang terdiri dari 30 orang peserta dari SKPD, dan 16 orang peserta organik BPS Kabupaten Buleleng.

 

Adapun sebagai narasumber dalam acara tersebut adalah Kabid. Perencanaan, Pengendalian dan Evaluasi Pembangunan Daerah, Bappeda Buleleng, Komang Widarma; Kabid. Persandian dan Statistik, Diskominfosanti Buleleng, Komang Ery Marta Pariata; Statistisi Ahli Pertama, BPS Buleleng, Andhika Dimas Prakoso.

  

Dalam FGD ini, Ery Marta mewakili Dinas Kominfosanti memaparkan kembali peran Walidata dan memberikan fasilitas pada SKPD dalam pendaftaran daftar data baru, pengolahan data dan publikasi. Sekaligus melakukan evaluasi dan monitoring dalam pelaksanaan kegiatan statistik sektoral yang telah dijalankan SKPD. SKPD Diharapkan melengkapi metadata yang ada yang telah diberikan pada workshop di tahun 2023 lalu sampai kegiatan publikasi dan disemenasi, baik melalui portal Satu Data Buleleng, maupun buku Buleleng Membangun.

 

Selanjutnya, Komang Widarma menjelaskan peran Bappeda Buleleng sebagai sekretariat data, dari pembahasan daftar data (desk), sampai kepada penyelenggaraan forum satu data dimana kegiatannya adalah pengumpulan data yang muaranya ada di Diskominfosanti melalui produsen data/masing-masing SKPD di Lingkup Pemerintah Kabupaten Buleleng.


Terakhir, Andhika Dimas Prakoso, menyampaikan dan menekankan kepada produsen data untuk melaporkan setiap rencana penyelenggaraan kegiatan statistik pada aplikasi Rencana Kegiatan Statistik (Romantik), yang selanjutnya memiliki fungsi agar tidak adanya dualisme data antar SKPD. #Yun.