(0362) 27719
brida@bulelengkab.go.id
Badan Riset dan Inovasi Daerah

Bimtek Penginputan IPKD Perlu Saling Koordinasi

Admin brida | 06 Juni 2024 | 1057 kali

Kamis, 6 Juni 2024 Balitbang Inovda Buleleng mengikuti Bimbingan Teknis Penginputan Indeks Pengelolaan Keuangan Daerah (IPKD), yang dilaksanakan oleh BRIDA Provinsi Bali. Acara dilaksanakan secara hybrid yang dihadiri secara luring oleh Tim IPKD Provinsi Bali dan secara daring oleh Tim IPKD Kabupaten Buleleng dari Inspektorat, BPKPD, Bappeda, Balitbang Inovda, dan Dinas Kominfosanti.

 

Acara dipimpin oleh Kepala BRIDA Ir. I Made Gunaja, M.Si., dengan moderator Kepala Bidang Pemerintahan dan Pengkajian Peraturan BRIDA Dr. Ketut Wica, S.Sos.,M.H. Narasumber dari Pusat Strategi Kebijakan Pembangunan Keuangan Daerah dan Desa Badan Strategi Kebijakan Dalam Negeri (BSKDN) Kemendagri, Aang Prasetyo dan Ibu Jannati. Bimtek dilaksanakan sebagai tindak lanjut dari acara FGD sebelumnya yang sudah dilakukan oleh BRIDA pada 27 Mei 2024.

 

Pada bimtek ini disampaikan terkait teknis penginputan IPKD pada 6 dimensi pengukuran IPKD.  Terdapat pembaharuan pada aplikasi IPKD Tahun 2024, diantaranya: perubahan alamat aplikasi pengukuran menjadi https://ipkd-bskdn.kemendagri.go.id/; pembagian user untuk setiap perangkat daerah; integrasi antara IPKD dengan SIPD pada dimensi 1, penambahan fitur pada dimensi 2 dan 6; serta statistik hasil pengukuran IPKD pada dashboard.

 

Pada sesi diskusi, masing-masing kabupaten menyampaikan kendala yang dihadapi pada masing-masing dimensi, seperti pada dimensi 1, dimensi  2 terkait tambahan kolom alokasi belanja gaji guru Non PNS/Guru PPPK, keteraksesan pada dimensi 3, cara pengukuran dimensi 5, dan penginputan pada dimensi 6.


Pada akhir acara, Aang Prasetyo selaku perwakilan Pusat Strategi Kebijakan Pembangunan Keuangan Daerah dan Desa BSKDN Kemendagri, menekankan perlunya saling koordinasi supaya hasil pengukuran IPKD lebih baik lagi, dan pusat membuka konsultasi jika ada pertanyaan seputar IPKD. #Anw.