(0362) 27719
brida@bulelengkab.go.id
Badan Riset dan Inovasi Daerah

Balitbang Inovda Lanjutkan Pengambilan Sampel BUM Desa di Buleleng

Admin brida | 05 Oktober 2023 | 485 kali

Kamis, 5 Oktober 2023 Balitbang Inovda Buleleng melaksanakan pengumpulan data kajian optimalisasi pengembangan BUM Desa di Buleleng. Pengumpulan data mengambil 3 sampel, yaitu BUM Desa bersama Tirta Amerta Sejahtera LKD Desa Kubutambahan, BUM Desa Bersama Merta Harta Lestari Sejahtera LKD Desa Tejakula, dan BUM Desa Kencana Bumi Sejahtera Desa Pacung.

Analis Kebijakan, Made Sumbertiasih, S.E., M.M., bersama Analis Ekonomi Bidang Ekonomi dan Pembangunan, Ni Luh Anik Ariani, S.E., mendampingi tenaga ahli dari STAH Negeri Mpu Kuturan Singaraja melaksanakan pengumpulan data tentang profil BUM Desa, pengurus BUM Desa dan perkembangan BUM Desa 3 tahun terakhir.

Dalam pada kesempatan itu turut hadir Camat Tejakula, I Gede Suyasa, S.P., yang ikut memberikan informasi terkait perkembangan dan permasalahan BUM Desma di Desa Tejakula.

Dari hasil survei ditemukan beberapa permasalahan  BUM Desa dan BUM Desma, antara lain; 1) BUM Desma LKD tidak punya payung hukum yang pasti; 2) BUM Desma LKD tidak punya kewenangan bila terjadi kredit macet; dan 3) Adanya penggantian pengurus yang terlalu sering menurunkan kepercayaan masyarakat, karena masyarakat lebih melihat karakter dari pemimpin BUM Desa dan BUM Desma. #Sbt.